Sekda Buton Tengah Diangkat Jadi Pj Bupati

233
Gladi pelantikan terhadap tiga Pj Bupati di wilayah Buton Raya yakni Buton Selatan, Buton Tengah dan Buton yang digelar di ruang pola Kantor Gubernur Sultra. Pelantikan itu sendiri akan digelar Selasa (28/5/2024). FOTO :IST

 

BUTON TENGAH, LENTERASULTRA.COM-Sudah dua hari terakhir, Kabupaten Buton Tengah mengalami kekosongan kepala daerah. Itu karena masa jabatan Andi Muhammad Yusuf sebagai Penjabat (Pj) Bupati sudah berakhir sejak Sabtu, 25 Mei 2024. Untuk mengisi kekosongan kepemimpinan, Sekretaris Daerah (Sekda), Konstantinus Bukide ditunjuk jadi Pelaksana harian (Plh) Bupati Buton Tengah (Buteng).

Uniknya, jabatan Plh Bupati tersebut malah berlanjut ke tingkat yang lebih tinggi yakni jadi Penjabat (Pj) Bupati. Pelantikan Konstatinus Bukide jadi pimpinan daerah Buteng itu dikabarkan akan dilakukan Selasa, 28 Mei 2024. Mantan Kepala Bagian Hukum Pemkot Baubau itu menggantikan Andi Muhammad Yusuf yang kembali berkarir di tempat tugas awalnya sebagai Asisten Deputi Infrastruktur Pemerintahan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) RI.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Kepastian soal kabar pelantikan Konstantinus Bukide sebagai Pj Bupati Buteng disampaikan Ketua DPRD Buteng, Bobi Ertanto. Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini bilang, pelantikan Pj Buteng akan dilaksanakan di Kendari, Selasa, 28 Mei 2024. Ia malah sudah menerima undangan tersebut dan bakal hadir. “Saya sudah di Kendari sekarang, mau hadiri pelantikan itu besok. Undangannya sudah ada,” aku Bobi kepada lenterasultra.com, Senin (27/5/2024) sore.

Anggota DPRD Buteng yang kembali terpilih di Pemilu lalu untuk periode 2024-2029 ini juga mengatakan, paska masa jabatan Andi Muhammad Yusuf berakhir, jabatan Bupati Buteng dipercayakan kepada Konstantinus sebagai Plh Bupati.  Bobi mengungkapkan, sebelum masa jabatan Pj Bupati Buteng berakhir, DPRD telah menetapkan dan mengusulkan tiga nama sebagai calon Pj Bupati.

Ketiga nama tersebut yakni Andi Muhammad Yusuf di nomor urut pertama. Kemudian Sekda Buteng, Konstantinus Bukide di nomor urut dua dan Muhammad Rajulan, Kepala Dinas Perhubungan Sultra di nomor urut tiga. “Jika satu dari tiga nama ini dilantik jadi Pj Bupati, itu merupakan bagian dari usulan DPRD Buteng,” ungkal Bobi, saat ditemui di salah satu hotel di Kendari, Senin sore, 27 Mei 2024.

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setda Buteng, Syarifuddin Fanta mengaku belum mengetahui siapa suksesor Andi Muhammad Yusuf sebagai Pj Bupati Buteng. Meski begitu, Syarifuddin mengakui jika pelantikan pimpinannya akan di laksanakan di gedung pola Kantor Gubernur Sultra, Selasa, 28 Mei 2024. “Undangannya belum diterima resmi. Tapi informasi pelantikan dilaksanakan sekitar pukul 16.00 Wita, bersamaan dengan Pj Bupati lain,” kata Syarifuddin.(adhi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU