Dihadiri Bupati Muna dan Didukung KNPI, Milad HIPPMA Digelar Semarak

1,077
Bupati Muna, LM Rusman Emba menyampaikan sambutan usai mengikuti jalan sehat Milad ke-19 HIPPMA. Foto : Ode

 

RAHA, LENTERASULTRA.COM –  Di tengah kesibukannya sebagai Bupati Muna, LM Rusman Emba masih meluangkan waktu menghadiri perayaan Milad ke-19 tahun Himpunan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa  Desa Mantobua (HIPPMA), Selasa (1/2/2022). Rusman bahkan membaur dengan ratusan masyarakat yang tumpah ruah ke jalan raya dalam kegiatan jalan sehat yang menjadi kegiatan pembuka perayaan hari jadi paguyuban tersebut. Milad HIPPMA rencananya akan diisi lima item kegiatan lomba dan hiburan selama lebih kurang 12 hari kedepan.

Jalan sehat yang dihadiri Bupati Muna LM. Rusman Emba itu mengambil star di Tugu Al Quran dan finish di lapangan sepakbola Mantobua, lebih kurang 1,5 kilometer. Jalan sehat makin semarak karena dirangkaikan dengan pemeriksaan kesehatan gratis dan doorprise.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari Bupati Muna LM. Rusman Emba. Ia memuji kreatifitas dan inovasi kelompok pemuda Mantobua yang berani melakukan kegiatan besar dan memberi warna di tengah masyarakat. Milad HIPPMA diharapkan berjalan sukses dan mampu membina silaturahmi dan kekompakan di tengah masyarakat.

Lebih jauh, Rusman mengatakan, pemuda tidak perlu ragu untuk tampil kedepan dalam berkarya sepanjang hal itu membawa kebaikan bagi sesama. Namun ia berpesan agar pemuda harus dibekali wawasan dan ilmu serta punya visi besar. “Tetapi yang terpenting juga, harus memiliki karakter dan kesalehan. Sebab semua proses yang kita lalui akan mudah jika diridhoi Allah SWT. Saya yakin, HIPPMA dihuni kader kader seperti itu,” paparnya.

Sekretaris KNPI Muna, LM. Mukhlis Imam Bangsawan menyebut, Milad HIPPMA menunjukkan kedewasaan berorganisasi pemuda Mantobua sudah cukup matang. KNPI, kata putera mantan Bupati Muna alm. LM. Baharuddin itu mendukung setiap inovasi pengembangan kepemudaan yang berimplikasi positif bagi daerah. Menurutnya, gerbong pemuda harus mengambil peran menumbuhkan kolaborasi dan sinergi dengan semua pihak dalam membangun ekosistem organisasi yang baik dan berkontribusi lebih nyata di tengah masyarakat.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

“KNPI adalah gerbong besar yang didalamnya harus diisi pemuda inovatif dan berkatakter. Visi kita membangun kolaborasi bersama dalam segala hal positif. Alhamdulillah, HIPPMA sudah memulai dan KNPI akan mendukung penuh,” ujarnya.

Ketua HIPPMA, La Ode Lubis Anasat, menjelaskan, selain jalan sehat, Milad juga akan diisi dengan lomba bola gotong, futsal, lomba hafalan Quran, lomba azan dan malam pagelaran seni sebagai acara puncak nantinya.

“Acara Milad HIPPMA yang jatuh setiap tanggal 22 Desember sebenarnya digelar dua tahap. Pertama sudah berlangsung di Kendari yakni dengan Dialog Publik bersama Dekan FITK UHO, Pak Muliddin dan Dekan FIB Akhmad Marhadi. Kedua pusatkan di Mantobua dimana kegiatannya dimulai hari ini sampai 12 Februari nanti,” urainya.

Lubis Anasat menambahkan, paguyuban HIPPMA sudah eksis selama 19 tahun dan berhasil memberi kontribusi dalam aspek pendidikan, sosial kemasyarakatan, keagamaan dan budaya bagi masyarakat Mantobua. Pada prinsipnya Milad bertujuan menumbuhkan rasa solidaritas, kekeluargaan dan sinergitas antara masyarakat Mantobua dan pemerintah kecamatan maupun Pemkab Muna. HIPPMA kata dia, meskipun hanya peguyuban desa, tetap berupaya memberi warna dalam pembangunan sosial kemasyarakatan di tengah masyarakat Muna.

“Paguyubannya boleh kecil, tetapi pikiran dan visinya tidak boleh kerdil. Kami konsisten melahirkan generasi muda yang baik dan siap menjadi pemimpin di masa mendatang,” tuturnya.

Pj. Kades Mantobua, Awaluddin mengaku kehadiran HIPPMA cukup memberi warna berbeda dalam pembangunan desa. Milad yang digelar itu hanya salah satu bentuk kontribusi pemuda di tengah masyarakat. Sinergi yang terjalin baik antara pemerintah, masyarakat dan pemuda di Mantobua menjadi modal mendasar dalam pengembangan Mantobua menjadi entitas desa yang maju dan sejahtera. Terlebih, kehadiran Bupati dan KNPI dalam Milad HIPPMA sudah menjadi kehormatan bagi seluruh masyarakat Mantobua.

Reporter : Ode
Penulis : Ode
Editor : Adhi

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU