Buka Perbatasan, Arab saudi Terima Kunjungan Wisatawan Asing

236
PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

RIYADH, LENTERASULTRA.COM – Arab Saudi mulai membuka perbatasannya untuk wisatawan mancanegara yang sudah divaksinasi secara penuh mulai hari Minggu (01/08/2021. Perbatasan Saudi sempat ditutup untuk wisatawan asing sejak 17 bulan lalu akibat pandemi Covid-19.

“Kementerian Pariwisata mengumumkan bahwa Kerajaan akan membuka perbatasan untuk wisatawan asing, dan mencabut penangguhan akses masuk bagi pemegang visa turis mulai 1 Agustus,” demikian dilaporkan media Saudi Press Agency (SPA).

Tidak semua turis asing yang sudah divaksinasi penuh bisa memasuki Arab Saudi. Mereka harus sudah divaksinasi dengan salah satu vaksin yang digunakan di Arab Saudi — Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Johnson & Johnson.

“Turis yang sudah divaksinasi penuh boleh memasuki kerajaan tanpa perlu melewati periode karantina institusi,” kata Kementerian Pariwisata Arab Saudi dikutip dari asiatoday.id.

Mereka yang sudah memenuhi syarat tersebut bisa mendapatkan visa turis dengan mengajukan permohonan via situs Spirit of Saudi, yakni visitsaudi.com. Saat tiba di Saudi dan mampu memperlihatkan sertifikat vaksinasi penuh beserta tes PCR negatif Covid-19, maka turis asing tidak diwajibkan menjalani karantina. Tes PCR harus dilakukan 72 jam sebelum datang ke Saudi.

“Pengunjung ke Kerajaan juga diwajibkan mendaftarkan data mereka terkait vaksinasi via portal elektronik yang didedikasikan untuk ini, yaitu muqeem.sa/#/vaccine-registration/home. Mereka juga harus mendaftarkan data di aplikasi Tawakkalna, yang diwajibkan untuk memasuki ruang-ruang publik,” sebut SPA.

Sebelumnya, Arab Saudi telah mengumumkan rencana mengizinkan jemaah internasional untuk melaksanakan umrah mulai 10 Agustus mendatang. Langkah ini diambil setelah ibadah haji khusus jemaah lokal selesai dilaksanakan. (ATN)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU