Pertamina Jamin Pasokan BBM Aman Usai Kebakaran Kilang Cilacap

243
PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan gas minyak cair (liquefied petroleum gas/LPG) di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tetap dalam kondisi aman, pasca kebakaran di salah satu tangki penyimpanan di area Kilang Cilacap, Jumat (11/6/2021) pukul 19.45 WIB.

Unit Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho mengatakan, kejadian tersebut tidak akan mempengaruhi distribusi BBM dan LPG, khususnya di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Pasalnya, pasokan tidak hanya berasal dari Kilang Cilacap.

“Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah memiliki 7 Terminal BBM dan 3 Terminal LPG yang berfungsi untuk memasok kebutuhan BBM dan LPG di Jawa Tengah dan DIY, untuk itu pasokan dan distribusi kepada masyarakat dapat dipastikan aman dan cukup melalui unit operasi tersebut,” kata Brasto dikutip dari asiatoday.id.

Kilang Cilacap merupakan kilang dengan kapasitas terbesar di Indonesia, yakni mencapai 348.000 barel per hari (bph). Saat ini kilang tersebut dioperasikan pada kapasitas produksi 270.000 bph. Kilang Cilacap bernilai strategis karena memasok 34 persen kebutuhan BBM nasional atau 60 persen kebutuhan BBM di Pulau Jawa. Selain itu, kilang ini merupakan satu-satunya kilang yang memproduksi aspal dan base oil untuk kebutuhan pembangunan infrastruktur di tanah air.
Kebakaran terjadi pada salah satu tangki Benzene di Kilang Cilacap sejak 19.45. Sebelumnya, Area Manager Communication, Relations, & CSR Kilang Cilacap PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Hatim Ilwan mengatakan, kebakaran sudah bisa dikendalikan dan upaya pendinginan juga masih terus dilakukan untuk mencegah api timbul kembali. (ATN)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU