Indonesia Sudah Pesan Delapan Kapal Perang Jenis Frigate

1,152
PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

 

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Fincantieri Italia, salah satu produsen kapal terkemuka di dunia, dipercaya oleh Kementerian Pertahanan Republik Indonesia sebagai kontraktor pengadaan 8 kapal perang jenis Frigate. Perusahaan yang didirikan pada Desember 1959 di Roma ini sudah memproduksi 7.000 kapal dengan teknologi tinggi.

Berdasarkan informasi dari laman resmi Fincantieri, dijelaskan bahwa Fincantieri telah menandatangani kontrak kerja sama dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia untuk pengadaan 8 kapal perang jenis frigate. Rinciannya, 6 kapal frigate baru kelas FREMM ukuran 144,6 meter dengan bobot 6.700 ton dan dua kapal frigate bekas kelas Maestale berukuran 122,7 meter dengan bobot 3,040 ton yang telah dimodernisasi.

”Fincantieri akan menjadi kontraktor utama untuk keseluruhan program,” tulis laman Fincantieri, dikutip dari asiatoday.id.

Produsen kapal ini juga mengaku pesanan dari Kemhan RI merupakan keberhasilan bagi Fincantieri dan Italia yang telah memiliki 10 kapal frigate kelas FREMM. Kesepakatan tersebut juga sangat penting untuk memperkuat kerja sama antara kedua negara di kawasan strategis Pasifik.

“Modernisasi dua kapal kelas Maestale, yang akan diperoleh Fincantieri dari Angkatan Laut Italia setelah dinonaktifkan, juga akan dilakukan di Italia,” tulisnya lagi.

Pembangunan kapal frigate ini akan memberikan manfaat kerja yang signifikan tidak hanya untuk beberapa galangan kapal Italia saja tapi juga perusahaan lain serta banyak perusahaan nasional kecil dan menengah. Termasuk kerja sama dengan PT PAL Indonesia. (ATN)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU