Negara Tetangga, Malaysia, Kini Darurat Korupsi 

390
PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

KUALA LUMPUR, LENTERASULTRA.COM – Kejahatan korupsi tidak hanya merajalela di Indonesia. Salah satu negara tetangga yang kini juga megalami darurat korupsi adalah Malaysia. Meskipun demikian, Ketua Komisi Anti-Korupsi Malaysia (MACC) Azam Baki mengatakan situasinya belum menjadi pandemi.

Melansir CNA, Jumat (16/4/2021), Azam Baki menanggapi pertanyaan dalam wawancara dengan TVAlhijrah pada Rabu (14 April) tentang apakah peningkatan jumlah penahanan dan pengungkapan menunjukkan parahnya situasi korupsi.

“Kami tidak bisa mengatakan bahwa itu sangat buruk. Tapi saya bisa katakan, sebagai seseorang yang berada di garis pemberantasan korupsi untuk waktu yang lama, itu berada pada tahap yang membuat saya khawatir secara pribadi. Tapi belum jadi pandemi,” ujarnya, dikutip dari asiatoday.id.

Azam diangkat ke posisi itu pada Maret tahun lalu, menyusul pengunduran diri Latheefa Koya menyusul runtuhnya pemerintahan Pakatan Harapan. Ia memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun di bidang anti-korupsi.

“Mungkin masyarakat merasa sudah serius dan itu pandemi, tapi kalau kita lihat dari sudut pandang lain, kesadaran masyarakatlah yang berkontribusi pada terungkapnya banyak isu sekarang ini,” tambahnya.

“Jika tidak ada informasi dari masyarakat, dan kemajuan teknologi sekarang yang berkontribusi pada banyak masalah korupsi yang mengemuka, terutama yang melibatkan pihak berwenang atau pegawai publik, masalah ini tidak akan terungkap.”

Saat wawancara hari Rabu, Azam juga mengatakan bahwa tidak ada campur tangan politik dalam kasus korupsi tingkat tinggi yang sedang diselidiki oleh MACC.

“Sejak saya menjadi komisaris utama, tidak. Saya dapat memberikan jaminan bahwa tidak ada gangguan, tidak ada instruksi yang diberikan kepada saya. Tapi saya tidak menyangkal ada pertanyaan. Tidak masuk akal bagi saya untuk mengatakan bahwa tidak ada pertanyaan sama sekali. Saya biasanya bergaul dengan menteri atau politisi lain, mereka bertanya (tentang kasus).

“Tapi saya memberikan jaminan saya di sini bahwa meminta tidak akan mempengaruhi keputusan kami dalam penyelidikan,” katanya.

“Kami akan terus menyelidiki kasus tersebut dan itu tergantung pada Jaksa Agung untuk memutuskan apakah mereka ingin menuntut kasus tersebut di pengadilan,” tambahnya.

Asia Selatan dan Tenggara Sudah Darurat Korupsi

Baru-baru ini, Lembaga Transparency International (TI) mendengungkan darurat korupsi di Asia Selatan dan Tenggara

Sekitar tiga perempat warga yang disurvei di negara-negara di Asia Selatan dan Tenggara melihat korupsi pemerintah sebagai masalah utama. Tetapi mereka juga percaya mereka dapat melakukan sesuatu untuk memerangi hal itu.

Masyarakat di sejumlah negara termasuk Bangladesh, Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand dilaporkan disuap untuk memberikan suara, membayar suap atau menerima pelecehan seksual untuk mendapatkan layanan publik, demikian menurut LSM yang berbasis di Berlin itu yang memantau korupsi di seluruh dunia.

“Agar upaya antikorupsi tetap berkelanjutan di seluruh wilayah, penting bagi warga negara untuk melawan dan menolak korupsi dalam segala bentuk. Ini sering kali dimulai dengan kemauan individu untuk berbicara menentang korupsi, yang menurut sebagian besar responden dalam survei kami mengatakan ini akan mengarah pada pembalasan terhadap mereka,” kata TI dalam laporannya bertajuk Global Corruption Barometer – Asia 2020, dikutip Selasa (1/12/2020).

“Terlepas dari tantangan ini, ketakutan akan intimidasi dan dibatasinya kebebasan berpendapat, mayoritas warga percaya bahwa orang biasa dapat membuat perbedaan dalam perang melawan korupsi,” kata TI.

Survei yang dilakukan selama periode enam bulan awal tahun ini, meneliti sebanyak 20.000 responden di total 17 negara Asia.

“Terkait pengalaman masyarakat Asia dengan korupsi, baik melalui penyuapan, penggunaan koneksi pribadi, paksaan seksual atau pembelian suara, hasilnya mengejutkan dan mengkhawatirkan, dan menyerukan untuk dilakukannya tindakan segera yang terkoordinasi,” demikian laporan kelompok pengawas penanggulangan korupsi itu.

Di Malaysia dan Indonesia, 71 persen dan 92 persen responden masing-masing, mengatakan mereka menganggap korupsi pemerintah sebagai masalah utama. Ditanya apakah warga bisa melakukan sesuatu untuk mengatasinya, 59 persen di Indonesia, 65 persen di Thailand, 68 persen di Malaysia, 78 persen di Filipina dan 82 persen di Bangladesh menjawab positif.

“Ketahanan dan pandangan positif ini adalah kunci untuk setiap upaya anti-korupsi di masa depan dan dapat menjadi alat yang ampuh di tangan pemerintah, bisnis, dan masyarakat sipil yang memiliki pemikiran reformasi,” kata laporan itu.

Transparency International mencatat bahwa warga negara di tiga negara – Indonesia, Thailand dan Malaysia– melaporkan tingkat pemerasan seksual atau “sextortion”  tertinggi dalam mengakses layanan pemerintah. Ini adalah dimana seseorang dipaksa untuk berhubungan seks atau menerima pelecehan seksual untuk mendapatkan layanan pemerintah.

Di Indonesia, 18 persen responden melaporkan bahwa mereka atau seseorang yang mereka kenal pernah mengalami bentuk pemerasan ini, sementara 15 persen di Thailand dan 12 persen di Malaysia juga melaporkan kecenderungan ini. Di Bangladesh dan Filipina, 9 persen melaporkan kasus serupa.

Laporan TI secara khusus membahas pemerasan seksual di Indonesia. Pada Maret lalu, Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) melaporkan bahwa hampir semua kasus kekerasan tersebut gagal dalam tahap penyidikan karena aparat penegak hukum kerap tidak berpihak pada perempuan korban.

“Dalam beberapa kasus, prosesnya transaksional, dengan otoritas penegak hukum menuntut pembayaran uang atau seks untuk menindaklanjuti kasus,” lapor TI.

Laporan tersebut mencatat kasus dua petugas di Malang, Jawa Timur, pada tahun 2016, dan seorang hakim Indonesia yang memeras orang secara seksual dan dihukum karena korupsi pada tahun 2009 dan 2010.

“Baru-baru ini, selama pandemi COVID-19, seorang perempuan penumpang maskapai penerbangan dipaksa untuk menerima pelecehan seksual oleh dokter di bandara untuk mendapatkan hasil tes COVID-19 dengan cepat,”katanya, dan mencatat bahwa pemerasan seksual tidak ditangani dalam KUHP.

“Budaya diam yang kuat, ditambah dengan sulitnya membuktikan pemerasan seksual di pengadilan, menjadikan hal ini tantangan dalam pemberantasan korupsi. Yang juga meresahkan, Indonesia adalah satu-satunya negara di ASEAN yang tidak memiliki undang-undang pencegahan kekerasan dan pelecehan seksual teradap perempuan.”

Kepala Divisi Humas Polri, Argo Yuwono, menolak klaim pemerasan seksual dalam laporan tersebut. “Itu tidak benar. Tidak ada hal seperti itu, ”katanya kepada BenarNews, namun menolak berkomentar lebih lanjut atas temuan baru TI tersebut.

Sementara itu, direktur advokasi Organisasi Bantuan Perempuan Malaysia, menggambarkan sextortion sebagai contoh lain dari cakupan pelecehan seksual.

Yu Ren Chung meminta anggota parlemen Malaysia untuk membahas RUU pemberantasan kekerasan seksual, yang akan memastikan bahwa semua organisasi mengadopsi kebijakan pencegahan pelecehan seksual “RUU itu juga idealnya membentuk badan independen yang akan menyelidiki keluhan pelecehan seksual,” katanya kepada BenarNews.

“Kesabaran rakyat semakin menipis dan pemerintah harus berhenti menunda undang-undang penting ini.”

Transparency International menawarkan nasihat ini tentang bagaimana pemerintah dapat memerangi pemerasan seperti itu: “Ambil langkah-langkah untuk mengurangi budaya mempermalukan dan menyalahkan korban yang membuat orang enggan melaporkan pelanggaran; memberdayakan lembaga antikorupsi dan sistem peradilan dengan alat yang tepat untuk menangani kasus sextortion; dan menciptakan mekanisme pelaporan yang aman, akuntabel, dapat diakses dan, yang terpenting, mekanisme pelaporan yang sensitif gender. ”

Penyuapan

Bagi banyak responden, penyuapan adalah bagian dari kehidupan, demikian temuan dari survei tersebut. Di 17 negara tempat survei dilakukan, 1 dari 5 orang mengatakan mereka telah membayar suap untuk layanan publik selama tahun sebelumnya. Itu berarti ada 836 juta orang Asia yang membayar suap, kata laporan itu.

Ketika ditanya apakah mereka telah ditawari suap untuk mempengaruhi suara mereka, 28 persen orang Filipina dan Thailand menjawab ya, sementara 26 persen orang Indonesia juga mengiyakan. Sementara 8 persen orang Bangladesh dan 7 persen orang Malaysia menjawab senada.

Ditanya apakah mereka pernah membayar suap untuk layanan publik pada tahun sebelumnya, 30 persen orang Indonesia, 24 persen orang Bangladesh dan Thailand, 19 persen orang Filipina dan 13 persen orang Malaysia menjawab ya.

Menanggapi pertanyaan tentang apakah responden pernah menggunakan koneksi pribadi untuk mendapatkan layanan publik, 15 persen orang Malaysia hingga 36 persen orang Indonesia mengatakan pernah. Sumber dari Komisi Antikorupsi Malaysia mengatakan suap bisa dalam berbagai bentuk.

“Bisa dalam bentuk uang tunai, hadiah, bonus, suara, jasa (seperti seks), jabatan, gratifikasi, diskon, pinjaman, dan lain-lain,” kata sumber yang tidak mau disebutkan namanya karena tidak berwenang untuk berbicara dengan wartawan.

“Pelaku dapat dituntut berdasarkan beberapa bagian di bawah Undang-undang Komisi Anti-Korupsi Malaysia,” tukasnya. (AT Network)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU