Waspada Gelombang Tinggi, BMKG Imbau Armada Pelayaran Lebih Berhati-hati

560

 

 

Ilustrasi cuaca buruk. Ist.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Kondisi perairan di Sultra mengalami gelombang tinggi disertai angin kencang. Fenomena alam ini diperkirakan akan berlangsung selama beberapa hari ke depan. Hal itu disampaikan oleh Pelaksanaan Harian (Plh) Kasie Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Maritim Kendari, Faizal Habibie. Ia mengatakan, pola angin umumnya dari barat daya sampai barat laut dengan kecepatan 2 sampai 20 knot. Kecepatan angin tertinggi di wilayah Sultra terpantau di wilayah perairan Baubau dan perairan Wakatobi.

 

“Sebelumnya kami telah memberikan peringatan dini gelombang tinggi di perairan Sultra. Khususnya di perairan Baubau dan Wakatobi,” ungkap Faizal.

 

Ia melanjutkan, peringatan dini telah berlaku sejak 15 Februari hingga 18 Februari 2021. Di sejumlah perairan, potensi tinggi gelombang bisa mencapai 1,25 meter sampai 2,5 meter.

 

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

“Ada beberapa titik gelombang tinggi, yaitu di laut Banda Timur Sultra bagian selatan, di perairan Baubau bagian utara dan selatan dan juga diperairan utara Wakatobi bagian barat dan timur serta perairan selatan Wakatobi,” katanya.

 

Kami juga telah memperingatkan agar armada pelayaran lebih berhati-hati dalam menjalankan aktivitas dilautan untuk operasi jalur laut.

“asyarakat yang berada pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada. Sebab saat ini cuaca sedang dalam kondisi tidak stabil,” tegasnya. (B)

 

Reporter: Sri Ariani

Editor: Wulan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU