Hengkang dari China, Produsen Keramik Essenza Relokasi Pabrik ke Indonesia

22,665

 

                                                                                                                                                                                            Produsen keramik Essenza —ist—

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – PT Internusa Keramik Alamasri, entitas anak usaha PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk., tengah menyiapkan langkah strategis untuk mengembangkan lini bisnisnya, salah satunya perusahaan akan merelokasi pabriknya dari China ke Indonesia.

Menurut Direktur Pelaksana Internusa Keramik Alamasri Angelica Lie, saat ini perseroan tengah aktif melakukan pengembangan usaha melalui penjajakan aliansi strategis dan akuisisi lini produksi baru untuk memperbesar skala usahanya.

Rencana strategis tersebut antara lain, pembelian lini produksi dari pihak lain, akuisisi pabrik kompetitor, relokasi pabrik China ke Indonesia, dan lain-lain.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Menurut Angelica, saat ini pihaknya sedang melakukan survei pabrik di China dan mengkaji potensi relokasinya ke Indonesia.

“Kami telah menunjuk konsultan investasi untuk membantu identifikasi calon mitra strategis. China akan menjadi kandidat potensial karena tertutupnya pasar mereka terhadap negara lain sehingga menjadi peluang yang harus dimanfaatkan. Tunggu saja realisasinya dalam waktu dekat,” kata Angelica dikutip Asiatoday.id dari keterangan resminya, Senin (2/11/2020).

Selain mempersiapkan rencana pengembangan bisnis secara non-organik tersebut, Angelica menjelaskan perseroan juga mempersiapkan rencana strategis secara organik, salah satunya mempertahankan kualitas operasional yang prima melalui keunggulan produk berkualitas dan lini produksi yang efisien.

Perseroan juga sedang fokus mengembangkan pasar ekspor baru. Terbaru, pada medio September 2020 perseroan melakukan pengiriman pertama produk keramik brand Essenza ke pasar AS.

Angelica menerangkan, penurunan harga gas industri mulai tahun ini telah memberikan proteksi bagi produsen keramik lokal sehingga harga jual brand Essenza dapat bersaing dengan harga jual dunia terutama, untuk melawan produk keramik China.

Selain itu, embargo AS, Eropa, Australia terhadap produk China juga telah menjadi peluang bagi perseroan untuk mengambil ceruk pasar tersebut sehingga dapat menjaga pertumbuhan kinerja perushaan secara keseluruhan. (ATN)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU