Banjir Belum Surut, Konawe Utara Diguncang Gempa Bumi

897
Banjir yang melanda wilayah Konawe Utara. Kini wilayah tersebut juga diguncang gempa. Foto: Istimewa.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Belum juga surut banjir di wilayah Konawe Utara, kini kabupaten tersebut kembali dilanda bencana. Gempa bumi dengan kekuatan 4,3 magnitudo menggegerkan warga sekitar pukul 10.19 Wita, Sabtu (27/06/2020).

Hasil analisis BMKG Stasiun Geofisika Kendari menunjukkan, gempa bumi tersebut terletak pada koordinat 3,35 LS dan 121,96 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 28,5 kilo meter arah Barat Wanggudu, Sulawesi Tenggara pada kedalaman 10 kilo meter.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar Lawanopo,” kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, S.Si, dalam rilisnya.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Ia melanjutkan bahwa guncangan gemp abumi tersebut dirasakan di daerah Konawe Utara II-III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

“Untuk masyarakat kami imbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” katanya.

Meski demikian, ia juga berharap agar masyarakat tetap berhati-hati dengan cara menghindari bangunan yang retak atau rusak dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa sebelum kembali ke dalam rumah. (C)

 

Reporter: Herlis Omputo Sangia

Editor: Wulan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU