Bangun Ruang Isolasi Mandiri, Pemprov Sultra Siapkan Anggaran Rp14 Miliar

1,002

 

Kondisi gedung yang akan direnovasi untuk ruang isolasi. Foto: Istimewa.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, saat ini telah menyiapkan dua tempat baru sebagai ruang isolasi mandiri pasien Covid-19. Kedua tempat tersebut salah satunya memanfaatkan bangunan eks sma angkasa yang berada di kompleks Lanud Haluoleo serta satu gedung di kompleks Rumah Sakit Jiwa Kendari.

Dua lokasi ini menambah jumlah ruang isolasi yang dibangun menjadi tiga tempat. Dimana Di Rumah Sakit Bahteramas Pemprov Sultra sudah memulai pembangunannya sejak Maret lalu.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Pahri Yamsul yang ditemui saat meninjau lokasi pembangunan ruang isolasi mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah merehab kedua bangunan yang akan menjadi tempat isolasi.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Pahri Yamsul, (tengah) saat meninjau lokasi pembangunan ruang isolasi di eks SMA Angkasa. Foto: Istimewa.
PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

“Sesuai petunjuk gubernur dan arahan Sekda Sultra, pembangunan ini dilakukan dengan merehabilitasi gedung eks sma angkasa yang telah rusak berat. Di lokasi ini sebanyak 16 gedung akan dirombak menjadi lebih dari 100 kamar,” ujarnya.

Sementara satu unit gedung di kompleks Rumah Sakit Jiwa jiwa yang juga rusak berat akan dialihfungsikan sebagai ruang isolasi tambahan. Di Rumah Sakit Jiwa ruang isolasi sengaja dibangun dengan 14 kamar untuk mengantisipasi adanya pasien yang terpapar Covid-19.

Pahri Yamsul menegaskan, meski saat ini masih berjalan 40 persen namun proyek ini akan dikebut untuk memaksimalkan penanganan wabah Covid-19 di Sulawesi Tenggara.

“Gedung yang direnovasi itu adalah Eks SMU Angkasa dengan anggaran Rp10 miliar. Untuk gedung di RS Jiwa akan menghabiskan anggaran sebanyak Rp4 miliar,” imbuhnya.

Kondisi bangunan di Rumah Sakit Jiwa Kendari yang tengah direnovasi sebagai ruang isolasi mandiri Covid-19. Foto: Istimewa.

Sementara di kompleks Rumah Sakit Bahteramas, ruang isolasi dengan 24 kamar ini pembangunan sudah mecapai 70 persen. Pembangunan yang ditargetkan rampung pada Mei ini diakui terkendala oleh pengiriman peralatan. Namun pihaknya optimis  pembangunan dapat diselesaikan Juni nanti, sehingga dapat langsung dimanfaatkan Pemerintah Provinsi Sultra dalam memerangi Covid-19. (B/P11/Adv)

Editor: Fiyy

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU