Sultra Dikepung Banjir, 10 Ribu Jiwa Mengungsi

661
Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sulawesi Sultra, Boy Ihwansyah. (NANAN/LENTERASULTRA.COM)
PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Banjir mengepung 7 dari 17 kota/kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra). Akibatnya, sekitar 10 Ribu jiwa pun mengungsi. Rinciannya, 5.111 jiwa dari banjir di Konawe Utara (Konut), 4.095 jiwa dari banjir Konawe, sedangkan sisanya sebanyak 794 dari sejumlah daerah lainnya seperti Kolaka Timur (Koltim), Konawe Selatan (Konsel), Buton Utara (Butur), Bombana dan Kendari.

“Warga yang mengungsi yang tersebar di beberapa daerah itu,  kurang lebih 10 ribu jiwa,” ujar Kepala Pelaksana  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Boy Ihwansyah saat ditemui di sela-sela kunjungan Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman, di Pos Komando Tanggap Darurat Bencana Alam Sultra, Kamis, (13/6/2019).

Menurut Boy, data tersebut masih bisa bertambah. Sebab banjir belum sepenuhnya surut.

Meski begitu sudah ada yang kembali ke rumahnya masing-masing seperti pengungsi akibat luapan Sungai Wanggu, Kelurahan Lepo-lepo, Kecamatan Baruga di Kota Kendari.

“Belum ada data pasti, seperti di Konut, karena masih ada daerah yang terisolir kita masih menunggu konfirmasi dari kepala BPBD nya. Begitu juga dengan Konsel yang baru saja menerbitkan SK tanggap darurat. Kalau Kota Kendari masih direvisi, pasalnya sebagian pengungsi sudah ada yang kembali ke rumahnya sehingga data sudah menurun,” tuntasnya.

Reporter: Nanan
Editor: Restu Fadilah

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU