November, Kendari Terjadi Inflasi Dipicu Perjalanan Dinas ASN

438
Istimewa

KENDARI, LENTERASULTRA.COM-Inflasi Kota Kendari pada November tahun 2018, tercatat sebesar 0,16 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) 128,23. Pada November kembali terjadi inflasi di kota lulo ini. Pasalnya, andil terbesar inflasi itu diakibatkan oleh angkutan udara sebesar 0,09 persen. Hal itu karena adanya perjalanan dinas Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Kendari. Selain itu, andil inflasi disusul dengan indeks kelompok bahan makanan .

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Moh. Edy Mahmud mejelaskan bahwa adanya inflasi yang diakibatkan oleh angkutan udara karena adanya perjalan dinas diakhir tahun.

“Kenapa andil terbesar inflasi dibulan November 2018 diakibatkan oleh angkutan udara karena jumlah penumpang yang meningkat diakhir tahun ini disebabkan oleh banyaknya perjalanan dinas aparatur sipil negara (ASN) keluar daerah,” ungkap Edy saat di temui diruang rapat BPS Sultra. Senin, 03/11/2018 lalu.

Sementara itu, lanjutnya, komoditas lainnya yang memberikan sumbangan inflasi pada November yaitu bahan makanan dan sayuran, ikan cakalang/sisik, kembung/gembung/banyar/gembolo/asoaso, mie, kacang panjang, bensin, beras, nasi dengan lauk, besi beton, sawi hijau, dan bayam. (Febry)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU