Bupati Muna Janji Renovasi Enam Rumah Kena Longsor di Bangkali

545
Bupati Muna, Rusman Emba (kanan) saat memantai korban longsor didampingi Kadis Sosial, LM Satri, Asisten 3 Eddy Uga

LENTERASULTRA.com-LM Rusman Emba, tak ingin melihat masyarakatnya larut dalam nestapa. Di tengah kesibukannya mengurus daerah, Bupati Muna ini menyempatkan diri meninjau langsung lokasi rumah warga yang terkena dampak longsor di Bangkali Kecamatan Watoputeh. Ia berjanji bakal memberikan bantuan renovasi rumah ditahun ini.

Tak mau berlama-lama, mantan ketua DPRD Sultra ini langsung memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, untuk melakukan penghitungan atas kerugian yang dialami masyarakat. Rusman menyadari, hal tersebut merupakan peran penting pemerintah untuk hadir ditengah masyarakat yang terkena bencana.

Related Posts

KPU Muna Fasilitasi Alat Peraga Kampanye Paslon

Sekda Muna Bantah Ada Intevensi ASN di Pilkada

KPU Tetapkan Lima Zona Kampanye Pilkada Muna

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

“Pertama saya mendengar ada bencana, saya langsung memerintahkan instansi tehnis untuk mengecek langsung. Alhamdulillah, setelah saya melihat, maka pemerintah memutuskan untuk melakukan renovasi,” kata Rusman Emba disela-sela pantauannya, Sabtu (31/3).

Enam rumah warga yang terkena bencana, tak luput dari pantauannya. Rusman mengaku, dari enam unit rumah itu, ada empat yang masuk dalam kategori rusak parah. Sementara, dua unit lagi, rusak ringan. Kendati demikian, dihadapan pemilik rumah serta pemerintah desa, dirinya konsisten merealisasikan apa yang telah dijanjikan. “Mudah-mudahan secepatnya kita butuh. Setelah dihitung kerugiannya, maka bantuan material kita akan salurkan,” pintanya.

Agar tak terjadi hal serupa lagi, mantan senator DPD RI ini, akan melibatkan ahli geologi dalam penataan jangka panjang. Sehingga ada solusi yang permanen dan kejadian serupa bisa teratasi.

Untuk diketahui, rumah yang terkena dampak longsor yakni milik La Ode Tanini, Anas T, La Dolo, La Ode Suheni, La Ode Ruji dan Wa Ode Halini. Dari enam itu, empat rumah mengalami rusak berat, diantaranya La Ode Ruji yang merupakan pusat longsor sedalam kurang lebih 20 meter, La Ode Tanini dan Anas T. Rumah mereka retak. Peristiwa itu terjadi Minggu (25/3) lalu. Tanah tempat rumah-rumah itu berdiri mendadak amblas.(ery)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU