Pulang dari Butur, Pj Gubernur Mampir Nikmati Indahnya Kolono

554
Pj Gubernur Sultra (batik merah) didampingi Bupati Konsel, Surunuddin (baju putih) saat berada di Karamba milik seorang warga di Kolono. Terlihat juga Wakil Bupati, Arsalim

LENTERASULTRA.com-Selalu ada hal-hal menarik dari sosok Teguh Setyabudi. Selama berada di Bumi Anoa, Pj Gubernur Sultra ini mengajarkan bagaimana seharusnya seorang pemimpin menghargai rakyatnya dan memahami karakteristik wilayah yang dipimpin. Itu juga yang terlihat dilakukan pejabat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tersebut saat ia pulang dari Buton Utara, Rabu (21/3) tadi.

Penyuka traveling dan adventure ini tak langsung pulang ke Kendari. Sesaat setelah ferry penyeberangan Labuan merapat di Amolengo, Konawe Selatan, Teguh malah memilih mampir di Kolono. Ia ingin menikmati indahnya alam di daerah itu, termasuk melihat dari dekat bagaimana masyarakat Desa Lambangi, Kolono Timur membudidayakan ikan kerapu di keramba terapung.

Tak sekadar mendengar kabar, Teguh mengajak rombongan Pemprov Sultra turun langsung melihat Karamba, termasuk menyempatkan diri berdialog dengan pemiliknya. Setelah itu, barulah ia ke Rujab Camat Kolono, tempat Pemkab Konsel menyiapkan penyambutan sederhana terhadap Sultra-1 itu. Teguh diterima Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga dan Wabup H. Arsalim Arifin, yang sudah berangkat lebih awal dari Butur, beberapa jam sebelum Pj Gubernur tiba.

“Saya sangat terkesan dengan sambutan dan jamuan Pemda Konsel serta bangga bisa melihat langsung usaha perikanan yang dikelola oleh masyarakat dengan bantuan Pemda bersama stakeholder yang cukup baik dan berhasil, yang mana foto keindahan Teluk Kolono telah saya posting ke Medsos dan Alhamdulillah dalam hitungan menit ratusan merespon dengan baik tempat tersebut,” ucap Pj Gubernur Teguh Setiyabudi mengawali sambutannya usai santap siang bersama.

PENGUMUMAN KPU KABUPATEN MUNA  

Pengumuman Kabupaten Bombana

Inilah alasan utama ayah dua anak ini hingga meminta pertemuan dilakukan di kecamatan agar bisa langsung melihat potensi yang ada di Konsel. “Kalau untuk ibukota Konsel, nantilah kita agendakan di hari lain ya Pak Bupati,” kata Pj Gubernur sembari melirik Surunuddin.

Bagi pejabat Kemendagri itu, kunjungannya ke Kolono juga sebagai bagian dalam mengambil kebijakan untuk program kerja kedepan untuk memajukan wilayah Konsel khususnya, Sultra umumnya. Ia berjanji akan mengoptimalkan hasilnya semasa jabatannya di Sultra.

“Termasuk Teluk Kolono yang indah ini bisa kita buatkan tempat Snorkling yang lebih modern dan usaha Kerambanya akan kita kembangkan, dengan saling bersinergi bersama Pemda dan akan segera kita koordinasikan ke Kementerian terkait secepatnya termasuk point-point hasil Rakor kita bersama Bupati/Walikota se-Sultra beberapa hari lalu, dan Prioritas kita adalah Kab Konsel karena memiliki wilayah terluas se-Sultra,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga mengucapkan terima kasih atas kesedian melakukan kunker Pj Gubernur yang pertama kali di Konsel, sekaligus memohon maaf karena kurang etis dalam menyambut Pj Gubernur di Rujab Kecamatan yang mana seharusnya di Rujab Bupati, tapi karena situasi dan permintaan Pj yang ingin melihat langsung potensi yang ada sehingga tetap di adakan di tempat ini.

“Pemda Konsel akan selalu siap bersinergi dengan Pemprov di segala bidang, apalagi Pemda sedang giat-giatnya menurunkan angka kemiskinan dan terbukti turun dari 13 persen menjadi 11 persen sesuai data BPS karena kami membangun di mulai dari pinggiran/Desa sesuai jargon kami Desa Maju Konsel Hebat, selain itu juga di masa kepemimpinan saya bersama Arsalim telah banyak Desa yang tadinya tertinggal sekarang sudah maju berkat kerjasama semua pihak,” kata Surunuddin.(abdi)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

BERITA TERBARU