CPNS Bombana Ikut Tes SKD di Negara Taiwan

 

Pengumuman jadwal seleksi TKD CPNS Kabupaten Bombana tahun 2024. Di nomor urut 3, tertera lokasi dan alamat, dan waktu pelaksanaan tes SKD di luar negeri, yakni di Taiwan. Salah satu CPNS Bombana akan mengikuti seleksi di hari ketiga pelaksanaan tes SKD CPNS Bombana. Foto : Ist

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Kursi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS di Pemerintah Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara tidak hanya diminati penduduk dari daerah itu. Jatah calon pamong daerah di Bumi Munajah ternyata juga dihendaki pelamar dari belasan provinsi lain. Saat ini, pelamar CPNS di Kabupaten Bombana tengah bersiap mengikuti seleksi kompetensi dasar atau SKD. Lokasinya di 23 titik di Indonesia termasuk di luar negeri. Bahkan yang paling jauh ada peserta CPNS Bombana bakal tes SKD di Taiwan.

Pelaksana tugas atau Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia atau BKPSDM Bombana, Deddy Van Alfa Slamet mengatakan, pelamar CPNS di Kabupaten Bombana tahun 2024 tercatat sebanyak 854 orang. Calon abdi negara sebanyak itu, akan mengikuti tes SKD berbasis Computer Assisted Test (CAT) di 20-an kabupaten dan kota yang tersebar di 18 provinsi di Indonesia dan di luar negeri.

“Satu orang peserta bahkan akan menjalani ujian SKD di Kota Taipe, Republik Tiongkok, Taiwan. Ini pertama kali dalam pengadaan pegawai negeri sipil di Kabupaten Bombana yang lokasi SKD nya berada di luar negeri,” kata Deddy-sapaan akrabnya. Sekretaris BKPSDM Bombana ini bilang, pelamar CPNS yang ikut tes CAT di luar negeri  adalah Muh Ihsan Hidayat B. Dia melamar pengawas bibit ternak ahli pertama.

Deddy Fan Alva, (paling kiri) yang sehari-hari menjabat Sekretaris BKPSDM, bersama Inspektur Inspektorat Bombana, Ridwan. FOTO :ADHI

 

Mantan Plt Direktur Perusda Wonua Bombana ini mengatakan, Muh Ihsan Hidayat B, teridentifikasi berasal dari Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan. Deddy menduga, salah satu pelamar CPNS di Kabupaten merupakan tenaga kerja asing atau pekerja migran Indonesia. “Untuk pendaftar yang di luar negeri itu merupakan warga Bantaeng  yang merantau ke Taiwan,” sambungnya.

Sesuai jadwal tes SKD yang diumumkan sekretariat panitia seleksi CPNS Kabupaten Bombana tahun 2024, dari 23 titik pelaksanaan SKD Kabupaten Bombana, satu lokasi diantaranya dipusatkan di Luar Negeri. Pelaksanaannya di kantor dagang dan ekonomi Indonesia, Taipei.  Kantor ini beralamat di Nomor 550, Jalan Rui Guang, Distrik Neihu, Taipei, Taiwan.

Dari jadwal yang sudah ditetapkan, pelaksanaan tes SKD CPNS Bombana di luar negeri digelar di hari ketiga, yakni,  Rabu, 23 Oktober 2024. Ini berarti,   Ihsan Hidayat tercatat sebagai peserta CPNS Bombana ketiga dari 850-an CPNS yang akan mengikuti tes SKD lebih awal. Sementara rekan-rekannya yang lain, baru akan mengikuti tes serupa menjelang akhir bulan Oktober ini hingga awal November mendatang.

(Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bombana, Deddy Van Alva Slamet. FOTO :IST

 

Selain Ihsan Hidayat, sejumlah pelamar di Kabupaten Bombana juga akan mengikuti tes SKD di tempat jauh. Ada nama Mega utri Lestari Silaban akan mengikuti tesSKD berbasis CAT di Golden View, Batam, Kepulauan Riau, ada nama Taufik Hidayat ikut tes serupa di gedung graha Ristela, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur, hingga Palti Josue Jose yang akan ikut tes SKD di gedung serba guna pekan raya, Medan, Sumatera Utara. “Jadi untuk seleksi CPNS tahun ini, pelamar bisa memilih sendiri lokasi dan tempat tes SKD sesuai dengan tempat tinggalnya,” ungkap Deddy. (ADV)

BombanacpnsLuar NegeriSKDtaiwanTes SKD di Luar Negeri