15 Nama Lolos Tiga Besar Calon Kadis di Bombana

 

Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto (ujung kanan) didampingi Sekda Man Arfa (tengah) dan Inspektur Inspektorat, Ridwan mengawasi proses seleksi JPT di Bombana. Kini, 15 nama sudah tersaring dan masuk tiga besar di lima posisi eselon 2 yang kosong. FOTO :DISKOMINFOS BOMBANA

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM-Proses pencarian terhadap lima kandidat utama yang bakal mengisi jabatan eselon 2 atau setara Kepala Dinas di Kabupaten Bombana memasuki babak final. Dari 40 yang mendaftar, lalu 31 yang ikut segala tahapan seleksi pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama atau JPTP, kini terpilih 15 orang yang masing-masing di posisikan dalam tiga besar di tiap jabatan yang lowong.

Panitia seleksi (Pansel) JPTP baru saja mengumumkan masing-masing tiga nama yang lulus tiga besar di lima jabatan kepala dinas, kepala badan dan asisten yang dilelang. “Sudah diumumkan hasil akhir seleksi JPTP oleh Pansel.  Ada 15 nama yang dinyatakan lulus tiga besar di lima JPTP yang dilelang terbuka,” kata Penjabat Bupati Bombana, Edy Suharmanto.

Hanya saja, Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran, Direktorat Jenderal Administrasi Kewilayahan, Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri ini belum mengetahui siapa-siapa nama yang masuk tiga besar tersebut. Yang pasti, belasan nama yang lulus tahap akhir itu, merupakan orang-orang pilihan, terbaik dan memenuhi kriteria sesuai dengan penilaian panitia seleksi terbuka JPTP.

Lenterasultra.com menerima file pengumuman hasil akhir seleksi JPTP di lingkup Pemda Bombana tahun 2024. Pengumuman dengan nomor 028/Selter/JPT/X/2024 diterbitkan 15 Oktober 2024 dan diteken Ketua Panitia Seleksi terbuka JPTP Bombana, Man Arfa. Dalam beleid tersebut, tercantum 15 nama yang merupakan peserta seleksi terbuka JPTP yang dinyatakan lulus seleksi penulisan makalah, presentasi dan wawancara serta penilaian rekam jejak.

“Pansel telah menetapkan peserta lolos 3 besar dalam pelaksanaan seleksi terbuka pengisian JPTP Kabupaten Bombana tahun 2024, dengan urutan nilai dari tertinggi dan terendah,” kata Man Arfa dalam pengumuman yang ia teken. Ia pun menyilakan media ini menyampaikan ke publik nama-nama yang dinyatakan lulus tersebut.

Untuk jabatan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, nama Abdul Muslikh, berada di urutan pertama. Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara ini memperoleh nilai 84,3. Di posisi kedua ada nama Ismail Yusuf. Camat Poleang Timur ini mendapatkan nilai 80,59 atau terpaut empat poin dari peringkat pertama. Sedangkan di posisi ketiga ditempati Anton Ferdinan yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Dinas Perpustakaan Daerah Bombana dengan koleksi nilai sebesar 80,53.

Sedangkan di posisi jabatan Kepala Dinas Ketahanan Pangan atau Dinas Ketapang, nama Binnuraeni berada di peringkat pertama. Nilainya, 80,575. Di peringkat kedua, ditempati Abdul Rahmat Zainuddin. Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang ini mendapatkan nilai 78,45. Sedangkan di posisi ketiga ditempati birokrat bernama Husning. Sekretaris Dinas Perhubungan ini mengoleksi nilai 75,94.

Untuk jabatan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah, nama M. Syukri Kasim berada di peringkat pertama. Kepala bagian pemerintahan Setda Bombana ini mengumpulkan nilai 76,90. Diposisi kedua menyusul Musmuliadi dengan nilai  73,77, dan peringkat ketiga Drg Riswanto. Direktur Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Umum Daerah Tanduale ini memperoleh nilai 73,73.

Sedangkan di Jabatan Asisten Administrasi Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Bombana, nama Musdalifa, mendapat nilai tertinggi yakni 84,13.  Dengan nilai ini, Kepala bagian Kesejahteraan Rakyat Setda ini menduduki peringkat pertama. Di bawahnya atau di posisi kedua ada nama Sarwana Amir. Sekretaris Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga ini mendapatkan nilai 78,0375. Diposisi ketiga tertera nama Semuel Kadmaerubun. Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang ini mendapatkan nilai 75,8975.

Yang menarik adalah di jabatan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia atau BKPSDM. Di jabatan yang mengurusi kepegawaian ini, tiga nama yang lolos tiga besar semuanya tengah menjabat sekretaris di tiga instansi berbeda. Nama Deddy Fan Alva Slamet berada di peringkat pertama. Saat ini, Deddy sapannya, menjadi Plt Kepala BKPSDM. Jabatan definitifnya juga di instansi ini yakni, Sekretaris BKPSDM. Saat seleksi akhir JPTP, Deddy memperoleh nilai 85,12.

Di peringkat kedua, ada nama Gafur Sarewo. Saat ini dia menduduki jabatan Sekretaris Badan Keuangan Daerah. Saat pengumuman seleksi JPTP tahap akhir, Gafur mendapatkan nilai 76,0725. Sedangkan diposisi ketiga, ditempati Andi Indrawati. Sekretaris Inspektorat ini mengoleksi nilai 75.8925. (ADV)