HUT RI di Bombana Semarak Hingga ke Pelosok Desa

Pj Bupati Bombana menyampaikan pidato saat membuka dengan resmi perayaan Porseni HUT RI ke 79 di alun-alun Kasipute, Rabu, 14 Agustus 2024. FOTO :DISKOMINFOS BOMBANA

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM-Edy Suharmanto, Pj Bupati Bombana membuat kebijakan berbeda dalam urusan menyemarakan HUT RI ke 79, tahun 2024. Bila biasanya, perayaan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) dilakukan terpusat di Rumbia, ibukota Bombana, dengan  melibatkan kontingen dari 22 kecamatan, kini formatnya diubah. Di ibukota, perayaan hanya diikuti organisasi perangkat daerah (OPD), instansi vertikal dan dua kecamatan yang terpusat di wilayah ibu kota yakni Rumbia dan Rumbia Tengah. Sedangkan 20 kecamatan lain, disilakan menggelar kegiatan sendiri di wilayahnya.

Tidak dilibatkannya 20 kecamatan dalam kegiatan Porseni di pusat kabupaten, memang sengaja dilakukan Pemda Bombana. Hal tersebut  dilakukan agar setiap desa dan kelurahan yang ada di pelosok bisa merayakan berbagai rangkaian kegiatan seni dan olahraga dalam menyambut hari kemerdekaan ke-79, Republik Indonesia. Selama ini, yang tak bisa ke ibukota, hanya menerima kabar terkait keriuhan Porseni.

Penjabat Bupati Bombana, Edy Suharmanto mengakui hal ini. Katanya, lomba olahraga dan seni tahun 2024 ini, selain dilaksanakan di ibu kota, pelaksanaannya juga tersebar di 20 kecamatan, minus Kecamatan Rumbia da Rumbia Tengah. Keputusan ini, kata dia, dibuat sebagai bentuk dukungan kita untuk memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan sampai ke pelosok-pelosok desa.

“Selama ini kan perayaan HUT RI pasca covid-19 atau sejak tahun 2020, terpusat di wilayah Rumbia dan Rumbia Tengah. Jadi, agar semua merasakan kemeriahan kemerdekaan, kita tidak buat terpusat,” kata Edy Suharmanto saat membuka perayaan Porseni di alun-alun Kasipute, Rabu, 14 Agustus 2024.

Para peserta Porseni menggelar devile sebagai salah satu rangkaian kegiatan memeriahkan HUT RI ke 79 di Bombana. FOTO :DISKOMINFOS BOMBANA

 

Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran, Direktorat Jenderal Bina Adminsitrasi Kewilayahan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini menambahkan, meskipun lomba olah raga dan seni tahun ini dibatasi, namun dia merasa bersyukur karena semangat peserta Porseni untuk berkompetisi dan memberikan hiburan kepada masyarakat mendapat animo yang sangat luar biasa.

Pj Bupati Edy juga mengajak seluruh peserta Porseni untuk selalu menumbuhkan semangat olah raga kepada masyarakat, karena dengan olahraga imunitas tubuh lebih meningkat, kesehatan terjaga dan perstasi dapat diraih demi kemajuan Indonesia dan Wonua Bombana pada khususnya.

Saat membuka kegiatan Porseni, Pj Bupati Edy juga meminta kepada seluruh peserta Porseni untuk memaknai perayaan Proklamasi kemerdekaan yang ke-79 tahun dengan penuh suka cita, apalagi dengan hadirnya ibu kota baru sebagai simbol kemajuan bangsa yang nantinya akan digunakan pertama kalinya  untuk upacara Proklamasi Kemerdekaan oleh Presiden Joko Widodo.

Pergelaran Porseni menyambut HUT ke-79 Kemerdekaan RI tahun 2024 di Kabupaten Bombana mulai ditabuh Rabu – Sabtu, 14 – 17  Agustus 2024. Seremoni pembukaan ditandai dengan pemukulan gong dan penyerahan piala bergilir dari Pj Bupati Bombana Edy Suharmanto kepada ketua panitia Porseni, Rusdiamin. Namun sebelum Porseni dibuka, diawali dengan devile seluruh OPD di Bombana, instansi vertikal hingga sejumlah sekolah di wilayah ibu kota Bombana.

Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto (ujung kiri) bersama Sekda Bombana, Man Arfa (tengah) dan Ketua Panitia Porseni HUT RI Bombana, Rusdiamin (ujung kanan) mengobrol di sela-sela acara pembukaan Porseni di Bombana. FOTO :DISKOMINFOS BOMBANA

Rusdiamin, ketua panitia Porseni memperingati HUT ke-79 kemerdekaan RI mengatakan, Porseni akan dilaksanakan di dua lokasi yakni Kecamatan Rumbia dan Rumbia Tengah. Kegiatan olah raga dan seni yang akan digelar selama 4 hari ini akan mempertandingkan 4 jenis lomba, yakni, defile dengan peserta OPD dan umum, loomba master of ceremony atau MC antar OPD, lomba gerak jalan antar sekolah di seluruh tingkatan di Rumbia dan Rumbia Tengah dan lomba kebersihan antar OPD.

Plt Kepala Dinas Kominfo Bombana ini berharap kegiatan Porseni ini dapat meningkatkan nilai-nilai solidaritas, sportifitas  dan memupuk kebersamaan dalam bingkai olahraga dan seni sehinga dapat memberikan hiburan bagi seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Bombana.(adv)