KPK Akui Bombana Daerah Terbaik di Indonesia Timur

Pj Bupati Bombana Edy Suharmanto memegang penghargaan dan piala Pariwara Award yang diberikan KPK kepadanya karena dinilai sukses menyosialisasikan anti korupsi di wilayahnya. Foto FB Diskominfos

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Deretan penghargaan sudah diterima Edy Suharmanto selama menjadi Penjabat (Pj) Bupati Bombana. Memasuki bulan kedelapan masa jabatannya, dirinya kembali tampil dikancah nasional. Suami Aeni Mutmainnah ini, menerima penghargaan pariwara award dari Komisi Anti Korupsi (KPK) karena dinilai berprestasi dalam mensosialisasikan anti korupsi di daerahnya.

Edy Suharmanto sudah menerima pengakuan itu, Kamis, 11 Juli 2024 lalu di Semarang, Jawa Tengah. Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini  tidak hanya mendapatkan lembaran sertifikat, Pj Bupati Edy, juga menerima piala dari KPK atas prestasinya tersebut.

Penghargaan tersebut diterima langsung Edy Suharmanto dari pimpinan KPK, Alexander Marwata.  Yang sangat membanggakan, kehadiran Pj Bupati Bombana Edy Suharmanto diacara bergengsi  tersebut, tercatat sebagai satu-satunya kepala daerah di kawasan Timur Indonesia yang menerima pengakuan dari lembaga anti rasuah tersebut.

Sekda Bombana Man Arfa memperlihatkan piagam dan piala Pariwara Award dari KPK yang diterima Pj Bupati Bombana di Semarang, Kamis, 11 Juli 2024

 

Bombana selevel dengan delapan kabupaten dan kota serta provinsi besar di Indonesia yang menerima penghargaan tersebut. Kabupaten Bombana bahkan berada diurutan keenam, sebagai penerima pariwara anti korupsi dari KPK.  Di urutan pertama adalah Direktur Utama PT Bank Aceh Syariah, lalu di posisi kedua, Wali Kota Batu, Bupati Serdang Bedagai, Bupati Kudus, Walikota Banjarmasin dan Bupati Bombana di urutan keenam. Sedangkan diurutan ketujuh yang diundang adalah Direktur Utama Perusahaan daerah Air Minum Gri Nawa Tirta Kabupaten Pasuruan, Wali Kota Madiun, Wali Kota Surabaya dan kesepuluh Wali Kota Pekalongan.

Sekretaris daerah Bombana, Man Arfa mengatakan, dirinya juga hadir mendampingi Pj Bupati Bombana untuk menerima penghargaan dari KPK di Semarang. Sekda bilang saat Pj Bupati menerima penghargaan tersebut, pimpinan KPK memuji Kabupaten Bombana karena menjadi satu-satunya kabupaten dan kota yang mendapat penghargaan dari KPK. “Bombana dinilai hebat oleh KPK. Bombana jadi perwakilan daerah Indonesia Timur yang terima penghargaan,” kata Man Arfa di kantornya, Selasa, 16 Juli 2024.

Pimpinan KPK Alexander Marwata (baju putih) menyerahkan piagam penghargaan pariwara Award kepada Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto

 

Lembaga anti rasuah itu bahkan menilai Bombana merupakan 10 daerah terbaik di Indonesia yang aktif mensosialisasikan anti korupsi di wilayahnya.  Tidak sampai disitu, Pj Bupati Bombana juga diminta memberikan testimoninya terkait penghargaan yang diterima.   Mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Bombana ini bilang, pemberian penghargaan pariwara anti korupsi itu menjadi langkah awal untuk bersama-sama mewujudkan daerah yang good governance sehingga terbebas dari perilaku korupsi. “Persoalan korupsi ini memang harus ditangani dan dibenahi. Mari kita bersama-sama mewujudkan bagaimana pemberantasan korupsi ini ditangani dan dibenahi disemua jajaran Pemda Bombana,” ucapnya.

Sementara Penjabat Bupati Bombana, Edy Suharmanto mengaku bangga dan beterima kasih atas penghargaan yang diberikan KPK karena Pemkab Bombana gemar mensosialiasasikan anti korupsi. Pengakuan tersebut, tidak lepas dari kerja sama semua pihak di Pemda Bombana mulai dari Sekda, kepala organisasi perangkat daerah, pejabat struktural lainnya, tenag fungsional dan staf.

Delapan kepala daerah dan dua Direktur Perusda penerima Pariwara Award dari KPK berfoto bersama dengan pimpinan KPK , Alexander Marwata

 

Pejabat eselon dua Kemendagri ini mengaku, dengan adanya pengahargaan tersebut akan menjadi salah satu pemicu baginya untuk mewujudkan Pemda Bombana bebas dari korupsi. “Kedepan kami akan intens lagi melakukan sosialisasi anti korupsi di lingkup Pemda Bombana. Jangan sampai kami hanya mendapatkan penghargaan saja tetapi tidak bisa di impelemetansikan. Kedepan implementasi jadi kata kunci untuk mewujudkan Pemda Bombana bebas korupsi,” ungkapnya. (ADV)

 

#Edy SuharmantoAnti KoruspiKPKPariwara AwardPj Bupati Bombana