Dikbud Bombana Gelar Porseni Bagi Pelajar

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bombana, Andi Arsyad membacakan sambutan saat memimpin upacara pembukaan Porseni antar pelajar di depan kantornya. Foto : Ist

 

RUMBIA, LENTERASULTRA.COM-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bombana ternyata tidak hanya fokus memajukan prestasi bidang akademis bagi para siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di wilayah itu. Lembaga itu juga memberi perhatian besar bagi kemajuan dan prestasi olahraga bagi siswa dan pelajar di daerah itu. Makanya, digelarlah pekan olah raga dan seni (Porseni) khusus pelajar.

Kegiatan itu digelar di ibukota Bombana, di Rumbia dan dipusatkan di gedung Dikbud Bombana. Ratusan siswa dan pelajar se Bombana ikut serta. Pembukaan kegiatan itu sendiri dilakukan Kadis Dikbud, Andi Muhamad Arsyad, yang berlangsung selama tiga hari yakni 11-14 Juni 2024. Upacara pembukaan berjalan semarak, diikuti unsur Forkopimda, para kepala sekolah SD dan SMP, Guru Pendamping sejumlah  wasit/juri, pelatih, official hingga atlet peserta Porseni 2024.

Dalam sambutannya Andi Muhammad Arsyad mengatakan  penyelenggaraan   keolahragaan   merupakan   amanat Undang-Undang  Republik  Indonesia  Nomor  3  Tahun 2005. “Pemerintah Daerah berkewajiban memberikan pelayanan dan kemudahan serta menjamin terselenggaranya kegiatan keolahragaan bagi setiap warga negara tanpa ada diskriminasi,” ujarnya

Mantan Kepala Dinas sosial Kabupaten Bombana itu menegaskan penyelenggaraan Porseni sebagai  tindak  lanjut  pembinaan  dan pelatihan olahraga pelajar di kabupaten Bombana. “Hal ini merupakan      upaya      pemerintah     untuk  melaksanakan kebijakan dan mengkoordinasikan pembinaan dan  pengembangan  keolahragaan  di daerah dalam rangka mewujudkan tujuan olahraga secara nasional,” tambahnya.

 

Pegawai Dinas Dikbud Bombana saat mengikuti upacara pembukaan Porseni antar pelajar

 

Sementara itu, sekretaris panitia kegiatan  Zaminuddin, menjelaskan  kegiatan Poseni tersebut diikuti ratusan peserta dan dijadwalkan  selama empat hari. Dimulai tanggal 11-14 Juni 2024 yang diselenggarakan di tiga titik mulai dari pelataran kantor Dikbud Bombana, lalu di gedung SMPN 02 Rumbia dan serta di gedung SMAN 3 Bombana.

Kepala seksi Peserta didik dan Pembangunan Karakter Dikbud Kabupaten Bombana itu mengatakan kegiatan Porseni bertujuan  untuk membangun kembali tali silaturahmi antar siswa, meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang olahraga, seni, dan sains serta menumbuhkembangkan karakter peserta didik. “Ini kegiatan rutini tahunan, sesuai dengan program Dikbud melalui Bidang Dikdas khususnya Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter,” ulasnya

Peserta kegiatan yakni siswa-siswi dari SD, SMP dan MTsN  dengan cabang olahraga yang dilombakan seperti kids’ athletics, atletik, bulu tangkis, karate dan lomba sains. “Kami menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang turut berpartisipasi terselenggaranya kegiatan Porseni 2024”, semoga kegiatan ini berjalan dengan baik sesuai yang direncanakan,” tutupnya.(adv)

Andi ArsyadDikbud BombanaPorseni Pelajar