Camat di Bombana Rangkap Jabatan Jadi Kepala Desa

Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto menyematkan tanda pangkat kepada Syamsul Hidayat, saat ia dilantik jadi Pj Kepala Desa Pongkalaero. Padahal, ia masih menjabat juga sebagai Camat Kabaena Selatan. FOTO :DISKOMINFO BOMBANA

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM-Entah karena tak ada lagi pegawai negeri yang layak dan memenuhi syarat di Kabupaten Bombana, atau memang sosok pamong praja bernama Syamsul Hidayat yang sangat spesial. Yang pasti, kendati masih menjabat sebagai Camat Kabaena Selatan, Bombana, pria ini malah diberi tanggungjawab tambahan. Ia baru saja diberi amanah menjadi Pj Kepala Desa Pongkalaero, di kecamatan yang sama.

Pelantikan terhadap Pj Kepala Desa Pongkalaero yang dilakukan Minggu (12/5/2024) lalu itu terasa sangat istimewa. Kenapa? Jika lazimnya pelantikan serupa, yang dilantik yang datang ke Kasipute, ibukota Bombana, tepatnya di rumah jabatan bupati atau kantor bupati tapi kali ini berbeda. Justru Edy Suharmanto, Pj Bupati yang rela menyeberang lautan, hanya demi sampai ke Desa Pongkalaero di Pulau Kabaena.

Syamsul Hidayat resmi menjabat Pj Kades Pongkalaero sejak Minggu, 12 Mei 2024 pagi. Itu setelah gobang garuda dan tanda pangkat disematkan di dada dan pundaknya oleh Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto. Saat ke Pulau Kabaena, Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran, Bina Administrasi Kewilayahan, Kemendagri ini memboyong lebih dari 20 orang pejabat untuk menemaninya.  Ada pejabat eselon dua, tiga, empat dan staf.

Terlihat sekretaris daerah, Man Arfa, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, Rusman, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Mahyuddin, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Syahrun, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Ridwan, Asisten, hingga hampir semua staf ahli bupati. Ramai betul.

Pengambilan sumpah Pj Kades Pongkalaero digelar di aula desa setempat. Seremoni ditandai dengan penyematan gobang garuda dan pangkat kepala desa di pundak Syamsul Hidayat. Pelantikan juga dilanjutkan dengan pengambilan sumpah kepada Camat Kabaena Selatan itu. Proses pelantikan juga disaksikan tokoh masyarakat, dan perangkat Desa Pongkalaero dan warga desa.

 

PJ Bupati Bombana, Edy Suharmanto didampingi Sekda Bombana, Man Arfa  menyampaikan selamat kepada Syamsul Hidayat yang baru saja menerima amanah tambahan sebagai Pj Kepala Desa Pongkalaero, Kabaena Selatan. FOTO :DISKOMINFOS BOMBANA

 

Pj Bupati dan rombongannya menyeberang ke Pulau Kabaena, Sabtu, 11 Mei. Edy Suharmanto menumpangi kapal veri Dharma Kencana dari Kasipute menuju Tanjung Pising, Kabaena Utara. Tiba di Pising, mereka melanjutkan perjalanan darat sekira tiga jam untuk sampai ke Pongkalaero, Kabaena Selatan. Mereka menginap semalam, lalu keesokan harinya, Minggu, 12 Mei, suami Aeni Mutmainnah ini baru meninggalkan Kabaena dengan  kapal yang sama.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bombana, Ridwan membenarkan pelantikan Camat Kabaena Selatan sebagai Pj Kades Pongkalaero. Ridwan mengaku, pelantikan Syamsul Hidayat dilaksanakan di Desa Pongkalaero oleh Pj Bupati Bombana.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bombana, M Hadi Raharjo Putra menambahkan, dalam kurun setahun terekahir, Desa Pongkalaero sudah dua kali dipimpin Pj Kades. Yang pertama di era Pj Bupati Burhanuddin, desa itu dipimpin Sekretaris Camat Kabaena Barat Ahmad Nuryadin. Sementara Camat Kabaena Selatan, Syamsul Hidayat menjadi Pj Kades kedua, di era Pj Bupati Edy Suharmanto.

Hadi mengaku, penunjukan kepala pemerintahan desa dengan status Pj di Desa Pongkalaero disebabkan karena kepala desa di Pongkalaero, Darmawi telah diberhentikan karena yang bersangkutan terbelit masalah hukum dan kini sedang ditahan. “Jadi sudah dua Pj Kades yang menjabat di Pongkalaero sejak kepala desa definitifnya tersangkut perkara pidana,” kata Hadi saat dihubungi via ponselnya, Selasa pagi, 14 Mei 2024.

Penulis : Adhi

 

 

*Perusda *Ali Mazi