Makan Malam di The Park Kendari, Jokowi Pesan Nasi Goreng

Presiden Joko Widodo menikmati makan malam dengan menu nasi goreng dan teh es di salah satu restoran waralaba di The Park Kendari, Minggu (12/5/2024) malam. Ia ditemani beberapa menteri, Pj Gubernur Sultra serta Pj Wali Kota Kendari. FOTO :ADHI

 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM-Pusat perbelanjaan terbesar di Kota Kendari, The Park mendadak sangat ramai Minggu (12/5/2024) malam. Orang nomor satu di negeri ini, Presiden Joko Widodo  tetiba hadir di kawasan retail modern tersebut hingga menimbulkan kehebohan. Warga berdesakan ingin melihat dari dekat Jokowi termasuk berusaha berswa foto. Presiden tiba sekitar pukul 19.09 Wita menumpangi mobil sedan hitam dengan nomor polisi B 8293 ZZH.

Jokowi terlihat memakai baju kaos putih lengan panjang dipadu celana kain berwarna gelap. Saat datang di The Park, Jokowi semobil dengan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno. Kala Presiden turun dari mobil jenama Mercy, tampak Muhammad Qodari, Direktur Eksekutif Indo Barometer langsung mendekat. Hanya hitungan detik juga terlihat Pj Gubernur Sultra, Andap mendekati Jokowi. Ketiganya lalu jalan beriringan menuju pintu masuk lobby selatan The Park.

Kehadiran Jokowi di The Park, awalnya tidak banyak diketahui pengunjung mall. Namun ketika sejumlah pria berpostur tinggi berbadan tegap dan berpakaian preman terlihat wara-wiri di pusat perbelanjaan itu, beberapa jam sebelum RI 1 datang, tentu menimbulkan pertanyaan. “Saya tidak tahu kalau mau datang Pak Jokowi. Tapi begitu saya liat banyak pria cukur cepak dan berbadan tegap lengkap dengan alat komunikasi di belakang telinga, saya sudah yakin, Presiden mau datang. Makanya saya tunggu,” kata Hasrul, salah satu warga Kendari.

Kehadiran Jokowi di The Park, disambut ratusan pengunjung The Park. Begitu RI-1 masuk, sejumlah orang sudah berejejer berdiri di depan pintu hingga semua akses jalan yang dilalui Jokowi. Mereka tidak hanya ingin bersalaman, tapi juga ingin berfoto dan mengabadikan momen kehadiran Presiden di Kendari. Bahkan warga rela berdesak-desakan, salinh dorong hanya untuk mendekat dengan Jokowi.

Tidak hanya itu, di pinggir pagar pembatas di setiap lantai The Park terlihat padat dengan manusia yang ingin melihat Jokowi. Saking padatnya warga yang ingin mendekat dan berfoto dengan RI-1, Jokowi membutuhkan waktu lebih 30 menit untuk sampai di tempat yang dikunjungi di The Park yakni sebuah restoran waralaba berlogo S. Padahal jarak antara pintu masuk lobi hotel dengan restoran itu tidak lebih dari 60 meter.

Jokowi baru bisa duduk di kursi restoran sekitar 19.40 Wita. Presiden datang di The Park ternyata ingin makan malam. Suami Iriana ini terlihat memesan nasi goreng. Sementara, untuk minum ia memesan teh es. Jokowi tidak sendiri makan nasi goreng. Di hadapannya, Pj Gubernur Sultra, Andap Budi Revianto juga memesan menu serupa.

Kehadiran Presiden Jokowi di Kendari dimanfatkan sejumlah pengunjung untuk berswa foto dengan RI 1. Tampak presiden yang sedang menanti pesanan nasi gorengnya, melayani permintaan foto dari seorang warga. Ia ditemani Mensesneg, Praktino (depan kanan) Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Refianto (depan tengah, juga terlihat duduk semeja, Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusuf (batik). Sedangkan di sisi kanan Jokowi, Direktur Indo Barometer, Qodari ( berbaju putih) serta Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin (baju hitam) FOTO :ADHI

 

Sementara disamping kanan Jokowi, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. Di hadapan Budi Sadikin, Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusuf. Andap, Muhammad Yusuf, Budi Sadikin, duduk semeja dengan Jokowi. Ketiganya juga memesan nasi goreng dan minum teh, sama seperti Jokowi.

Selain Andap, Yusuf dan Budi Sadikin, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno juga satu meja dengan Jokowi. Mantan rektor Universitas Gadja Mada ini duduk didepan Jokowi. Pratikno duduk berhadapan dengan Muhammad Qodari yang duduk disis kiri Jokowi. Usai santap nasi goreng ditemani teh, Jokowi meninggalkan The Park dengan pengawalan ketat pasukan pengamanan Presiden. Jokowi kembali di tempatnya menginap di salah satu hotel ternama di Kota Kendari.

Jokowi sendiri tiba di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Minggu, 12 Mei 2024. Jokowi menumpangi pesawat kepresidenan dan mendarat di lapangan udara Pangkalan TNI AU Halu Oloe sekitar pukul 16.20 Wita. Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto menjemput Presiden Jokowi di bandar udara pangakalan TNI AU. Andap didampingi Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, Kapolda Sulawesi Tenggara Irjen Pol. Dwi Irianto dan Danlanud Haluoleo Kolonel Pnb. Lilik Eko Susanto.

Sejumlah agenda bakal dilakoni presiden yang dijadwalkan berada di Bumi Anoa selama dua hari. Senin (13/5/2024) ia bakal menyambangi Konawe, Kolaka Utara dan Kolaka. Ada beberapa proyek strategis nasional (PSN) yang bakal diresmikannya, salah satuya bendungan Ameroro di Konawe Sehari setelahnya bakal ke Muna dan Muna Barat.(adhi)

*PAN *PerusdaAndi Nirwana