2024, Bombana Terima 835 PPPK dan 49 CPNS

Honorer K-2 Jadi Prioritas
Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto (kiri) berbincang santai dengan Sekda Bombana, Man Arfa (kanan) di Kantor Bupati Bombana, Rabu (20/3/2024) sore. Salah satu obrolan keduanya adalah rencana penerimaan ASN baru untuk Pemkab Bombana, dari jalur P3K dan CPNS. FOTO :ADHI

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM-Izin untuk menerima pegawai baru di tahun 2024 ini akhirnya dikantongi Pemerintah Kabupaten Bombana. Jumlahnya tak tanggung-tanggung, hampir 900 orang. Lowongan paling banyak ada di jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) atau jamak diistilahkan P3K. Jumlahnya sebanyak 835 formasi. Sedangkan untuk formasi CPNS, tersedia 49 kursi. Bagi yang bercita-cita jadi aparatur sipil negara (ASN), silakan bersiap-siap.

“Sudah ada surat persetujuan izin prinsip kebutuhan pegawai dari Kemenpan RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi). Belum lama kami terima, dan kita diizinkan menggelar seleksi ASN untuk tahun 2024. Alhamdulilah, Pemkab Bombana mendapatkan kuota sebanyak 880 formasi,” ungkap Sekretaris daerah (Sekda) Bombana, Man Arfa saat ditemui lenterasultra.com, Rabu (20/3/2024).

Sekda Bombana, Man Arfa mendampingi Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto di sebuah kesempatan.  FOTO :ADHI

 

Mantan Inspektur Inspektorat ini menambahkan, untuk penerimaan pegawai baru di tahun 2024 ini, akan diterima melalui jalur CPNS dan PPPK. Untuk jalur CPNS, kuotanya sebanyak 49 formasi. Rinciannya, tenaga kesehatan sebanyak 28 formasi, sedangkan 21 formasi lainnya akan diterima tenaga teknis. Sementara untuk tenaga guru tidak ada penerimaan melalui jalur CPNS.

Calon tenaga pendidik sambung Man Arfa akan diterima melalui jalur PPPK. Jumlahnya sebanyak 228 formasi. Di jalur PPPK ini juga turut diterima tenaga kesehatan. Kuotanya, 47 formasi. Sedangkan untuk tenaga tehnis dari jalur P3K juga paling banyak diterima di tahun 2024 ini. Kuota yang diberikan KemenPAN-RB kepada Pemda Bombana sebanyak 560 formasi. Jadi untuk tahun 2024 ini, penerimaan melalui P3K paling banyak diterima. Totalnya, 835 formasi.

Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Bombana ini mengaku, formasi melalui jalur P3K diprioritaskan kepada eks tenaga honor (TH)-K2. “Jadi ini kesempatan bagi seluruh tenaga honorer kategori dua untuk menjadi pegawai negeri melalui jalur P3K,” sambungnya.

Plt Kepala BKPSDM Bombana, Ridwan.

 

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bombana, Ridwan mengatakan, pasca terbitnya izin prinsip kebutuhan pegawai dari KemenPAN-RB, pihaknya saat ini tengah menunggu petunjuk teknis penerimaan CPNS dan P3K tahun 2024 ini.

Meski begitu, bagi penduduk Bombana dan tenaga honorer atau tenaga harian yang mengabdi di berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Bombana selama ini agar menyiapkan berbagai persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar. Sebab jika tak ada aral, mulai April nanti, pihaknya sudah membuka pendaftaran. Asisten Administrasi Umum Setda Bombana ini bilang, meski penerimaan hampir bersamaan waktunya, namun proses pendaftarannya tidak dibuka bersamaan. “Tahap awal yang diterima melalui jalur CPNS. Sedangkan P3K antara bulan Juni dan Juli,” katanya.

Ridwan mengaku, penerimaan tenaga guru melalui jalur CPNS, tidak ada penerimaan ditahun ini. Hal itu disebabkan karena, pihaknya akan menuntaskan terlebih dahulu tenaga-tenaga guru yang selama ini menjadi tenaga honorer di berbagai sekolah di Bombana. “Jumlahnya sekitar 200-an orang,” ungkapnya. (adv)

*Edy Suharmanto *NasdemBombanaPPPKSeleksi CPNS