Pj Bupati Bombana Pindah Memilih dari Tangerang ke Rumbia

PJ Bupati Bombana, Edy Suharmanto saat dilantik, 27 November lalu.  FOTO :ADHI

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Pemilihan umum tersisa 2 hari lagi. Rabu, 14 Februari 2024, lebih dari 200 juta warga negara Indonesia yang memiliki hak, akan memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPD, DPR RI, DPRD provinsi serta kabupaten dan kota. Edy Suharmanto salah satunya. Meski terdaftar sebagai penduduk kota Tangerang, Provinsi Banten, Pj Bupati Bombana ini akan menyalurkan hak pilihnya di Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara. Sebab, nama Edy Suharmanto masuk dalam daftar pemilih tambahan (DPTb).

Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran (MPBK), Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Kementerian Dalam Negeri ini akan menggunakan hak politiknya di TPS 1 Kelurahan Lameroro, Kecamatan Rumbia. Edy Suharmanto mengaku, dirinya sudah pindah memilih dari TPS 05, Kelurahan Kunciran Indah, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Dia melapor ke KPU Bombana sejak Senin, 5 Februari. Dua hari kemudian, tepatnya Rabu, 7 Februari 2024, Pj Bupati Bombana menerima surat pemberitahuan DPTb dari KPU Bombana.

Surat pemberitahuan DPTb Edy Suharmanto diteken anggota KPU Bombana, Dasril. Surat pindah memilih Pj Bupati Bombana diserahkan KPU saat rapat koordimasi persiapan Pemilu di kantor Bupati Bombana. Dalam warkat itu juga disebutkan alasan Edy Suharmanto pindah memilih karena menjalankan tugas di tempat lain. Selain itu, dari surat DPTb itu juga dijelaskan bahwa Pj Bupati Bombana hanya bisa memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Sekda Bombana, Man Arfa membuka pintu ruang kerjanya sembari mempersilahkan Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto masuk. FOTO :ADHI

 

‘Insya Allah memilih di Bombana pak,” kata Edy Suharmanto saat ditanya lenterasultra.com dimana menyalurkan hak pilihnya. Direktur MPBK Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri ini bilang, di Pemilu 14 Februari 2024, hanya dirinya yang pindah memilih di Kabupaten Bombana. Sedangkan istri dan anak-anaknya tetap menyalurkan hak pilihnya sesuai domisili.

Edy Suharmanto juga mengingatkan seluruh warga Bombana yang sudah berhak memilih untuk datang ke TPS masing-masing guna menggunakan hak pilihnya. Pj Bupati Bombana juga berpesan agar seluruh masyarakat Bombana untuk mengawal dan menjaga keamanan, ketertiban dan menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan tersebut. (Adv)

Penulis : Adhi

#Edy SuharmantoPemilu 2024Pj Bupati Pindah Memilih