Karpet Merah Buat Pj Bupati Bombana

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM-Tepat setelah azan zuhur dikumandangkan, kaki Edy Suharmanto menginjak tanah Bombana untuk pertama kalinya. Bukan sekadar datang bertandang, tapi ia hadir demi menjalankan amanah yang dibebankan padanya yakni menjadi Pj Bupati Bombana untuk setidaknya sampai tahun depan. Dilantik Senin (27/11/2023) lalu, pengganti Burhanuddin ini akhirnya tiba di tempat tugasnya yang baru, Rabu (29/11/2023) siang.

Demi menyambut sang pemimpin baru, karpet berwarna merah terang dihamparkan. Begitu turun dari kendaraan yang ditumpanginya dari Kota Kendari,  kain dikalungkan di lehernya. Tetarian selamat datang dipentaskan. Gemuruh tepuk tangan mengiringi langkah demi langkah Edy Suharmanto menuju rumah jabatan bupati yang akan ditempatinya selama bertugas.

Sekda Bombana Man Arfa (kiri) menyematkan kain adat kepada Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto saat melakukan kunjungan perdana di Bombana, Rabu, 29 November 2023. Foto : Yani Dinas Kominfo Bombana

 

Edy Suharmanto tiba ditemani istrinya, Aeni Mutmainnah. Mereka menumpang mobil dinas DT 1 K. Pj Bupati dan Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bombana ini datang bersama rombongannya dan disambut di rumah dinasnya. Semua kepala organisasi perangkat daerah (OPD), kepala desa, lurah dan camat se-Bombana terlihat ikut menyambut pimpinannya. Mereka berdiri sepanjang sisi kiri jalan menuju rumah jabatan bupati dan berulur salam dengan Pj Bupati.

Puncak penyambutan kunjungan perdana kepada Edy Suharmanto dan Aeni Mutmainnah ditandai dengan pengalungan kain dan bucket bunga dari Sekretaris daerah (Sekda) Man Arfa dan istirinya. Direktur Manajemen Penanggulangan, Bencana dan Kebakaran Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini lalu diarahkan menuju baruga rumah jabatan bupati.

Istri Sekda Bombana sekaligus Ketua Dekranasda (kiri) memberikan bucket bunga kepada istri Pj Bupati Bombana saat menyambut kedatangan perdana di Bombana. Foto : Yani Dinas Kominfo Bombana

Pj Bupati duduk di meja bagian depan disisi kanan rumah jabatan bupati. Dia didampingi sejumlah petinggi di Bombana yakni, Sekda Man Arfa, Ketua DPRD, Arsyad, Dandim 1431 Bombana, Letkol Inf Andi Irfandi, Wakpolres Bombana Kompol Reda Irfanda dan Kajari Bombana, Agung Sugiharto. Seremoni proses penyambutan pemimpin baru di Wonua Bombana diawali dengan pemaparan Sekda kepada Pj Bupati.

Dihadapan atasan barunya itu, Man Arfa menjelaskan terkait kondisi geografis Pemkab Bombana, jumlah penduduk, desa, kelurahan dan kecamatan hingga mata pencaharian penduduknya. Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang ini juga menyampaikan kondisi keamanan dan ketertiban di Wonua Bombana.

Sekda Bombana Man Arfa saat memberikan sambutan selamat datang kepada Pj Bupati Bombana. Foto : Yani Dinaskominfo Bombana

 

“Di Bombana ini satu kesatuan dengan Forkompimda senantiasa menjaga stabilitas keamanan. Alhamdulillah, tidak ada satupun gejolak yang bisa mengganggu kelancaran pembangunan. Ini berkat dukungan forkompimda, seluruh anggota DPRD yang memang sangat konsen memberikan perhatian terhadap pergerakan pembangunan di Kab Bombana,” kata Man Arfa.

Sekda Bombana, Man Arfa mengatakan, kehadiran Pj Bupati di Bombana sudah menjadi bukti jika Pj Bupati merupakan satu kesatuan dengan warga Bombana. Man Arfa berharap dengan kehadiran Pj Bupati yang baru, bisa membawa bekas daerah Kabupaten Buton itu menjadi lebih baik lagi. “Seperti kata bijak, orang yang baik selalu dipertemukan dengan orang baik dan memiliki niat baik untuk kemajuan Bombana,” katanya.

Pj Bupati Bombana Edy Suharmanto memberikan sambutan perdana saat berkunjung di Kabupaten Bombana, Rabu, 29 November 2023. Foto : Yani Dinas Kominfo

 

Sementara itu, Edy Suharmanto mengaku terharu dengan keramahan penduduk Bombana yang menyambut kehadirannya. Ia merasa seperti berada di rumah sendiri. “Mohon izin saya bergabung dengan bapak dan ibu, untuk sama-sama bekerja dan mengabdi bagi Kabupaten Bombana,” ungkapnya.(Adv)

 

 

*jaksa *bombana#Edy SuharmantoKunjungan perdanaPj Bupati Bombana