Mahasiswa UHO Bertambah 8.842 Orang

Ribuan mahasiswa UHO saat mengikuti upacara penerimaan di Stadion Mini UHO, Senin, 4 September 2023. Foto : Sri Wahyuni
  • KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Jumlah mahasiswa di Universitas Halu Oleo (UHO) bertambah 8.842 orang. Ribuan orang ini, merupakan tambahan mahasiswa baru di tahun 2023 ini.

Sebanyak 8.842 mahasiswa baru di Universitas Negeri terbesar di Sulawesi Tenggara itu, sudah resmi diterima pada Senin, 4 September 2023. Seremoni penerimaannya ditandai dengan upacara penyambutan yang diselenggarakan di lapangan mini sepak bola UHO.

Upacara penyambutan dipimpin langsung rektor UHO, Muhammad Zamrun Firihu dan diikuti Direktur Pasca Sarjana UHO, Dekan, dan jajaran pejabat UHO serta 8.842 mahasiswa baru yang terdiri Pasca sarjana, sarjana dan diploma. Dengan menggunakan pakaian seragam putih hitam dan aksesoris topi caping beragam warna, seluruh peserta mengikut setiap rangkaian kegiatan yang ada.

Rektor Universitas Halu Oleo, Prof Muhammad Zamrun Firihu dalam sambutannya mengatakan selamat datang dan selamat bergabung kepada seluruh mahasiswa baru angkatan tahun 2023 yang telah terpilih menjadi mahasiswa di Universitas Halu Oleo.

Menurutnya, terpilih menjadi mahasiswa di Perguruan Tinggi dibawah pimpinanya saat ini bukanlah hal yang mudah. Hal itu dikarenakan tingginya peminat yang ingin masuk di kampus tersebut.

“Jujur saja 8.000 mahasiswa UHO, kalau kita hitung setiap tahun peminat di UHO itu berkisar antara sekitar 15 -20 ribu orang. Namun kita hanya bisa terima paling setengahnya. Nda mungkin juga semua kita terima. Jadi selamat kepada anda semua yang sudah terpilih masuk di UHO ini,” kata Zamrun dihadapan seluruh peserta upacara, Senin, 4 September 2023.

Dikesempatan yang sama, orang nomor satu di UHO itu juga menyampaikan beberapa hal. Pertama, ia menegaskan kepada seluruh mahasiswa baru untuk mengikuti aturan yang berlaku di perguruan tinggi tersebut.

“Universitas Halu Oleo adalah salah satu intansi pemerintah yang didalamnya semuanya diatur. Dan UHO ini berjalan dan beraktifitas, semuanya itu berdasarkan aturan. Dan siapaun yang ada di Universitas ini harus patuh dengan aturan tersebut. Tidak ada pengecualian, mau itu rektor, wakil rektor, dekan, wakil dekan, kajur, kaprodi, maupun mahasiswa harus patuh dengan aturan yang berlaku di UHO,” ungkapnya.

Kemudian yang kedua, ia juga menekankan agar membaca aturan tentang hak dan kewajiban mahasiswa dan dosen yang ada dalam statuta UHO. Menrutnya, hal itu wajib diketahui agar mahasiswa paham dengan aturan dan tidak salah jalan dalam bertindak. “Anda boleh protes ke dosen, kajur, dekan dan lain sebagainya karena anda tau hak dan kewajibannya,” sambungnya.

Dan ketiga, Zamrun juga mengingatkan tentang larangan melakukan kekerasan, intimidasi, dan perundungan yang telah diterapkan kampus tersebut. “Dilingkuan pendidikan tingkat tinggi tidak boleh ada kekerasan, intimidati dan perundungan. Dan Itu jelas sudah diatur dan sudah diterapkan di UHO. Jadi hati-hati, sebelum anda bertindak baca aturannya,” kata dia.

Sementara itu, Wakil rektor bidang akademik, La Hamimu mengaku mahasiswa yang telah bergabung di kampus tersebut merupakan pelajar yang berasal dari beberapa tahap seleksi yakni seleksi nasional berdasarkan prestasi, seleksi nasional berdasarkan tes yang didasarkan pada nilai UTBK, seleksi mandiri masuk UHO, dan jalur afirmasi dari kementrian.

“Alhamdulillah atas arahan bapak rektor dan kerja sama kita semua, segala skema seleksi sudah berhasil kita lewati dengan baik. Dan hari ini kita mengadakan upacara resmi penyambutan Maba UHO tahun masuk 2023,” katanya.

Lebih lanjut, ketua paniati seleksi tahun 2023 itu mengaku, berdasarkan tahapan seleksi yang ada maka total mahasiswa baru yang telah resmi ditetapkan sebanyak 8.842 orang yang terdiri dari jenjang diploma dan  S1 sebanyak 8.040 orang dan pasca sarjana sebanyak 802 orang.

“Untuk seleksi nasional berdasarkan prestasi sebanyak 1.842 orang, seleksi nasional berdasarkan tes sebanyak 2.659 orang, seleksi mandiri UHO sebanyak 3.515 orang, dan berdasarkan afirmasi sebanyak 24 orang,” jelasnya.

Dia menambahkan, ada 5 poin penting yang harus diperhatikan mahasiswa  tahun ini. Pertama, mahasiawa diminta untuk membaca dengan seksama peraturan-peraturan Rektor Nomor 1 tahun 2019 tentang peraturan akademik dilingkungan Universitas Halu Oleo termaksud panduan akademik yang disusun tingkat fakultas.

Kedua, berdasarkan keputusan rektor 804/UN/2023 tentang kalender akademi, maka mulai tanggal 4 September 2023 perkuliahan semester ini telah dimulai secara resmi dan dimulai secara serentak di semua program studi. Tiga, Maba diminta untuk memperhatikan kembali pengisian kartu rencana studinya (KRS).

Kemudian keempat, mahasiswa diwajibkan untuk melaporkan transaksi akademik ke PD-DIKTI sesuai dengan periode pelaporan yang telah ditentukan. Dan kelima, mahasiswa baru diwajibkan untuk memastika data induk di Siakad. ” Jika menemukan ada kesalahan pada data induknya segela melapor di prodi untuk dilakukan perbaikan dan update sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tutupnya.

Reporter : Sry Wahyuni

mahasiswa baru 2023rektorUHOZamrun