Dewan Pers Bekali Jurnalis Sultra Peliputan Pemilu 2024

Keterangan gambar: Ketua Komisi Pendidikan dan Pengembangan Profesi Pers, P. Tri Agung Kristanto ,saat diwawancarai. Foto : Sri

KENDARI, LENTERASULTRA.COM- Pemilihan umum (Pemilu) merupakan sarana penting bagi publik untuk menentukan pemimpin, wakil rakyat, dan arah Negara dalam lima tahun ke depan. Karena itu, setiap proses tahapan pemilu perlu mendapat pengawasan maksimal dari publik, khususnya media.

Oleh sebab itu, Dewan Pers mengadakan Workshop Peliputan Pemilu 2024, kegiatan tersebut digelar di 23 provinsi dan diharapkan bisa mewakili peserta dari 34 provinsi. Tak terkecuali di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kali ini Dewan Pers membekali puluhan jurnalis dari berbagai media, baik itu media cetak, elektronik, maupun siber di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (5/9/23).

Ketua Komisi Pendidikan dan Pengembangan Profesi Pers, P. Tri Agung Kristanto mengatakan, Workshop Peliputan Pemilu 2024 ini diharapkan agar jurnalis dapat menjalankan perannya untuk memberikan edukasi melalui informasi yang proporsional tentang pemilu termasuk mengawasi tahapan pelaksanaannya.

“Wartawan di Sultra tentu harus menambah kompetensi dirinya dalam hal peliputan Pemilu. Sebab peran pers sangat penting dalam penyiaran Pemilu,” kata Tri Agung.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sultra, Iwan Rompo Banne, mengatakan, Pers memiliki peran penting dalam menghadirkan laporan dan berita yang dapat mendukung pelaksanaan Pemilu 2024.

Peran itu dapat dilakukan ketika pers menyajikan berbagai berita yang independen, akurat dan berimbang. Dengan hadirnya karya jurnalistik yang bermutu maka kehidupan demokrasi Indonesia melalui Pemilu akan semakin kuat.

“Selama masa kampanye berlangsung mungkin saja terjadi berbagai hal, sehingga publik perlu diberikan berita yang mengedukasi, akurat dan independen,” kata Iwan.

Iwan menambahkan, Pers merupakan pilar keempat dari demokrasi. Dan pemilu merupakan bagian dari rangkaian kegiatan demokrasi untuk memilih para pemimpin nasional dan melakukan pergantian pemimpin secara damai dan beradab.

“Kami berharap peran pers dalam menyajikan informasi berita terkait dengan penyiaran Pemilu dapat akurat dan mengedukasi masyarakat,” katanya.

Selain Ketua Bawaslu Sultra dan  Ketua KPU Sultra Asril yang memberikan materi, Workshop ini juga menghadirkan Anggota Dewan Pers, Paulus Tri Agung Kristanto, Ketua KPID Sultra, Ilyas dan Pemred beritajatim.com, Dwi Eko Lokononto.

Report: Sri Ariani

Bawaslu. KpUDewan PersPemilu