Mobil Rp1,1 M Milik Pemda Bombana Diduga Disembunyikan

Ilustrasi penampakan mobil Hyundai Palisade. Foto ; internet

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM-
Ada kendaraan dinas anyar milik Pemda Bombana yang dibeli Mei 2023 lalu. Mereknya Hyundai Palisade. Harganya lumayan fantastis. Roda empat pabrikan Korea Selatan itu ditebus dengan harga Rp1,1 Miliar. Anehnya, mobil yang dibeli pakai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bombana tahun 2023 ini tak kunjung kelihatan mengaspal.

Muncul dugaan mobil itu disembunyikan sampai waktunya tiba untuk dipakai pejabat daerah.
Informasinya, mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) atau kendaraan utilitas sport itu sudah lama tiba di Rumbia, ibu kota Kabupaten Bombana. Buktinya, sudah ada berita acara serah terima barang (BAST) antara penyedia barang dan jasa dengan pejabat pembuat komitmen (PPK) di sekretariat daerah.

Lenterasultra.com mendapatkan copian BAST tersebut. Suratnya menggunakan kop Pemerintah Kabupaten Bombana, Sekretariat daerah. Nomornya, 04/BAST-PPK-Setda/SP/V/2023. Dalam warkat itu disebutkan jika kendaraan dinas bermotor roda empat diserah terimakan pada Senin, tanggal 29 bulan Mei, tahun 2023.

Tempatnya di kantor sekretariat daerah Kabupaten Bombana. Dalam BAST tersebut ada dua pihak yang bertanda tangan. Pertama, pemilik kegiatan pengadaan barang dan jasa sebagai pihak pertama. Pihak ini diwakili oleh Sapriadi, S.Sos. Jabatannya sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) setda tahun 2023.

Sementara pihak kedua yang bertanda tangan adalah penyedia barang dan jasa. Pihak ini diwakil oleh Asdy Abdi Toyar. Kapasitasnya sebagai Act. Branch Manager PT Sinar Galesong Mobilindo, Kendari. Dalam BAST itu disebutkan bahwa pihak kedua menyerahkan barang/jasa sesuai volume dan spesifikasi dalam Surat Perjanjian Kerjasama (Kontrak) Nomor : O4/KONTRAK-SETDA-BARANG/IV/2023 Tanggal 17 April 2023 kepada pihak pertama untuk kegiatan pekerjaan pengadaan kendaraan dina bermotor roda empat.

Di bagian akhir BAST tersebut disebutkan pula bahwa, pekerjaan tersebut telah diperiksa oleh pihak pertama dan berdasarkan hasil pemeriksaan barang/jasa yang telah dilaksanakan oleh pihak kedua, dinyatakan bahwa barang/jasa tersebut telah sesuai volume dalam kontrak dengan kondisi yang dapat digunakan dengan baik. Atas dasar ini, pihak kedua dapat melanjutkan proses administrasi keuangan dan mendapat persetujuan dari pihak pertama selaku PPK Lingkup Setda Kabupaten Bombana tahun anggaran 2023.

Berita Acara Serah Terima Barang (BAST) dibuat dalam rangkap 3 (tiga). Dibagian paling bawah tertera kedua pihak bertanda tangan. Dimana disudut kiri pihak kedua yang membubuhkan tanda tangannya, sementara di sudut kanan bawah, pihak pertama yang teken.
“Betul itu, saya ikut teken berita acara serah terimanya. Kalau tidak salah dua bulan lalu kami serahkan,” aku Asdy Abdi Toyar, Act. Branch Manager PT Sinar Galesong Mobilindo, Kendari saat dikonfirmasi via telepon selulernya, Selasa sore, 22 Agustus 2023.

Oya -sapaan akrabnya-menambahkan, mobil yang dibeli Pemda Bombana itu warnanya hitam.
Pengakuan itu sekaligus menguatkan bahwa Pemda Bombana benar-benar mengadakan mobil baru untuk kepentingan dinas. Hanya saja, tak begitu jelas, untuk siapa mobil itu disiapkan atau kelak nanti jadi tunggangan siapa karena sampai saat ini posisi kendaraan itu masih misterius.

Sebagai referensi, di laman Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) milik sekretariat daerah Kabupaten Bombana tahun 2023, paket pengadaan kendaraan dinas bermotor roda 4 itu dianggarakan Rp 1.130.000.000. Metode pemilihan penyedia, E-Purchasing. Kode rencana umum pengadaan (RUP) 40455527 dengan waktu pemilihan, Februari 2023.

Di laman RUP Sekretariat daerah juga disebutkan uraian dan spesifikasi pekerjaan pengadaan kendaraan dinas bermotor roda empat tersebut. Spesifikasi mobil dinas tersebut yakni, Hyundai Palisade Signature AWD dengan kapasitas mesin 2.000 – 2.500 Cubicle centimeter atau Cc
Mobil mewah itu, sudah memasuki tiga bulan diserah terimakan.

Mobil Hyundai Palisade belum pernah terlihat mengaspal di jalan raya baik di Kasipute apalagi terparkir di kantor bupati Bombana. Sejumlah aparatur sipil negara (ASN) mengakui hal ini. “Informasinya sudah ada itu mobil Hyundai Palisade di Bombana. Tapi sampai hari ini belum pernah saya liat parkir di sekitar kantor bupati termasuk di tempat parkir mobil pa bupati dan sekda,” kata pejabat eselon di Pemkab Bombana yang namanya tidak mau disebutkan saat ditemui Jumat, 18 Agustus 2023 lalu.

Sejumlah ASN di Pemkab Bombana juga mengakui sudah mendengar kabar pengadaan mobil mewah seharga Rp 1 milyar lebih tersebut. Namun kebanyakan diantara mereka tidak mau berkomentar banyak karena takut ditegur pimpinannya. “Adami itu mobil disini (Bombana), tapi jangan tulis nama ku yang kasi informasi. Tidak enak, kita ini ASN,” kata salah satu ASN lainnya.

Saat pembahasan APBD Bombana 2023 tahun 2022 lalu, anggaran Setda Bombana dibahas di internal komisi 1 DPRD Bombana. Ketua Komisi 1 Nasaruddin dan salah satu anggotanya Herlin belum memberikan jawaban terkait pengadaan mobil mewah ini.

Lenterasultra.com telah melakukan upaya mengirimkan beberapa pertanyaan kepada politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terkait asal usul pengadaan mobil mewah tersebut hingga disetujui komisi 1. Namun hingga berita ini tayang, keduanya belum memberikan pernyataan.

Salah satu anggota DPRD Bombana sempat memberikan pernyataan terkait pengadaan mobil mewah tersebut. Namun beberapa saat sebelum berita ini ditayangkan, dia meminta lenterasultra.com tidak menulis namanya dalam keterangannya.

Menurut anggota dewan ini, selama dua bulan terakhir dirinya belum pernah melihat mobil mewah jenama Hyundai Palisade dengan plat merah atau dinas melintas atau lalu lalang di jalan raya Bombana. Termasuk parkir di kantornya, DPRD.

“Yang terakhir saya liat, kendaraan roda empat warna hitam parkir di DPRD saat paripurna Jumat pekan lalu. Itu dipakai Pj Bupati. Jenis mobilnya Pajero Sport. Kalau Hyundai Palisade, belum pernah saya liat dan belum tau modelnya bagaimana,” katanya.

Anggota DPRD Bombana periode 2014-2019 ini bilang, jika Setda Bombana memang membeli mobil dinas baru, sebaiknya segera digunakan dan diperlihatkan kepada masyarakat Bombana. Karena dana pengadaan mobil itu bersumber dari rakyat. “Kalau sudah dibeli dipakailah. Jangan disimpan-simpan. Apalagi kalau mahal harganya dan kendaraannya kategori mobil mewah. Kasian kalau tidak disimpan-simlan,,” kata anggota DPRD, Senin, 21 Agustus 2023.

Sementara anggota DPRD Bombana lainnya juga mengetahui ada pembelian mobil baru di Sekretariat daerah. Meski sudah didatangkan dari dealernya, anggota dewan debutan ini mengaku belum pernah melihat mobil mewah jenis Hyundai Palisade mengaspal di Bombana. “Belum pernah saya ketemu ada mobil mewah terbaru pabrikan Hyundai lalu lalang di Bombana,” katanya.

Sapriadi, PPK pengadaan kendaraan dinas roda empat Setda Bombana mengakui ada pengadaan mobil baru di tahun 2023 ini. “Kalau untuk pagunya bisa dilihat di SIRUP kanda. Dan prosesnya pakai metode e-Purchasing,” tulis Sapriadi melalui pesan singkat WhatsAppnya, Selasa, 15 Agustus 2023.

Pria yang akrab disapa Anto ini juga membenarkan bila mobil baru yang diadakan Setda Bombana merupakan pabrikan Hyundai dengan jenama Palisade. Dia juga tidak memungkiri, bila mobil seharga 1 milyar rupiah lebih itu sudah diserah terimakan kepadanya sejak Juni 2023. “Sudah saya serah terimakan. Sejak bulan enam lalu kanda,” kata Anto.

Beberapa orang sumber yang ditemui di Bombana menyebutkan, mobil mewah seharga Rp 1 milyar lebih posisinya berada di Kasipute hingga pertengahan Agustus lalu. Mobil tersebut memang belum pernah dipakai sejak diserah terimakan akhir Mei lalu. “Informasinya, mobil mewah ini akan dipersiapkan sebagai kendaraan dinas salah satu pejabat penting di Bombana,” kata salah satu sumber yang berprofesi sebagai ASN.

Sementara sumber lain di Bombana bercerita, saat berkunjung di salah satu rumah bercat putih yang dihuni pejabat daerah di bilangan ibu kota Bombana, dirinya melihat ada benda berbentuk mobil SUV yang dibungkus dengan kain pembungkus mobil berwarna silver. Benda seperti mobil itu, letaknya disisi barat, tepat di sudut tanah di belakang bangunan berlantai dua.

Setiap kali berkunjung di rumah tersebut sejak satu bulan terakhir, sumber ini mengaku jika benda menyerupai mobil tersebut selalu tertutup dengan kain penutup mobil berwarna silver dan tidak pernah pindah dari tempatnya. “Beberapa kalimi saya masuk di rumah itu, selalu terlihat itu benda seperti mobil yang dibungkus dengan kain khusus penutup mobil. Ini mobilnya,” kata sumber ini sambil memperlihatkan foto mobil yang dilihatnya itu.

Penulis dan editor : Tim LS

beli mobil mewahhyundai palisadePemda bombana