Libatkan Mitra di Dua Desa, PT BMR Gelar Lomba Mancing di Perairan Kabaena

Masyakat, mitra dan karyawan PT BMR dari Desa Mapila dan Wumbulasa bersiap di perahu masing-masing untuk turun serta dalam lomba mancing yang digelar PT BMR, Rabu 16 Agustus 2023. Foto : Adhi

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM-
PT Bukit Makmur Resources (BMR) memberikan warna tersendiri di Pulau Kabaena dalam menyambut hari kemerdekaan 17 Agustus 2023. Perusahaan yang bergerak di industri hilir nikel itu, terus menggelar berbagai acara yang bersentuhan langsung dengan masyarakat di wilayah izin usaha industrinya.

Setelah sukses menggelar pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis lalu dilanjutkan donor darah massal serta bersih-bersih pantai, PT BMR kembali melaksanakan acara lomba mancing. Acara ini dilaksanakan Rabu, 16 Agustus 2023 dengan lokasi di sekitar Tanjung Pising perairan Pulau Kabaena, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara.

Peserta lomba mancing merupakan masyarakat, karyawan dan mitra PT BMR yang berdomisili di Desa Mapila dan Wumbulasa. Jumlahnya 100 orang. Mereka terbagi dalam 50 tim dimana masing-masing tim sebanyak 2 orang. Peserta lomba mancing menggunakan perahu dengan mesin tempel dan wajib menggunakan bendera merah putih serta nomor lambung di perahu masing-masing.

Peserta lomba mancing mendengar arahan dari manager CSR PT BMR Ifan Farianda sebelum turun berlomba. Foto ” Adhi

 

Sementara area lokasi pemancingan dibatasi mulai dari perairan Malandahi, terminal khusus PT BMR dan batas area terakhir tidak sampai di sekitar perairan Bajaruta. Waktu memancing juga dibatasi mulai pukul 10.00 sampai 16.00 WITA.

Manager Corporate Social Responsibility (CSR) PT BMR Ifan Farianda mengatakan, lomba mancing dengan melibatkan masyarakat, mitra dan karyawan merupakan yang pertama digelar selama BMR beraktivitad di Pulau Kabaena. “Karena kegiatan ini masih perdana, yang dilibatkan baru sebatas masyarakat di dua desa yakni Malandahi dan Wumbulasa,” katanya.

Manager CSR PT BMR Ifan Farianda..Foto : Adhi

 

Ifan menambahkan, acara lomba mancing ini digelar dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, yang diperingati tanggal 17 Agustus 2023. Selain itu, lomba mancing ini dilaksanakan karena profesi masyarakat di dua desa tersebut didominasi nelayan. Tidak hanya itu, Desa Mapila dan Wumbulasa memiliki potensi laut yang sangat melimpah sehingga PT BMR memfasilitasi nelayan untuk mengasah kembali kemampuan melautnya dengan menggelar lomba mancing. “Insya Allah kedepannya acara lomba mancing ini akan menjadi agenda rutin. Pelibatan masyarakat juga akan diperluas dengan melibatkan penduduk dari beberapa desa lain,” sambungnya.

Meski merupakan acara perdana, lomba mancing yang digelar PT BMR mendapat animo yang sangat besar dari masyarakat dari Desa Mapila dan Wumbulasa. Selain terlihat dari banyaknya peserta yang mendaftar, warga dari dua desa terutama ibu-ibu dan anak-anak juga turut memadati Tanjung Pising, lokasi acara lomba mancing. Kehadiran mereka, tidak hanya memberi suport kepada suami atau keluarganya yang turun memancing ikan di laut, namun juga menunggu dan melihat langsung hasil tangkapan ikan dari masing-masing peserta.

Anak-anak dari Desa Mapila dan Wumbumlasa menunggu di pantai Tanjung Pising menanti kahadiran ayah masing-masing pulang dari ikut lomba mancing yang digelar PT BMR. Foto : Adhi

 

Dalam acara lomba mancing ini, PT BMR menyiapkan hadiah bagi peserta yang mendapatkan ikan terbanyak dan membawa ikan dengan bobot terberat. Para pemenang akan mendapatkan uang tunai yang akan diserahkan usai perayaan upacara 17 Agustus 2023.

Penulis dan editor : Adhi

HUT RI 17 Agustus 1945HUT RI ke 78Lomba MancingManager CSR PT BMR Ifan FariandaPT BMR