Pemkab Bombana Beli Mobil Dinas Mewah, Harganya Rp1,1 Miliar

 

Mobil Hyundai Palisade. Foto ; internet

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bombana tahun 2023 tidak hanya diporsikan buat biaya melancong Penjabat (Pj) Bupati ke Amerika, uang daerah di bekas otorita Kabupaten Buton itu, ternyata digunakan juga untuk membeli mobil dinas mewah. Harga pengadaan kendaraan bermotor itu sangat fantastis yakni, Rp1,1 Milyar. Duit sebanyak ini, hampir mendekati biaya melancong Pj Bupati dan rombongannya ke Abang Sam awal Februari lalu yakni, sekitar Rp1,2 Milyar.

Berdasarkan laman sistem informasi rencana umum pengadaan (Sirup) Kabupaten Bombana yang diakses lenterasultra.com, pada Selasa, 15 Agustus 2023, pengadaan mobil dinas ini tertera di rencana umum pengadaan (RUP) Sekretariat daerah. Dalam laman sirup.lkpp.go.id Kabupaten Bombana, paket ini berada di nomor urut satu. Nama pekerjaanya, kendaraan dinas bermotor roda 4. Anggarannya, Rp 1.130.000.000. Metode pemilihan penyedia, E-Purchasing. Kode RUP 40455527 dengan waktu pemilihan, Februari 2023.

Di laman RUP Sekretariat daerah juga disebutkan uraian dan spesifikasi pekerjaan pengadaan kendaraan dinas bermotor roda empat tersebut. Spesifikasi mobil dinas tersebut yakni, Hyundai Palisade Signaturr AWD dengan kapasitas mesin 2.000 – 2.500 Cubicle centimeter atau Cc. Jumlahnya, 1 unit. Di uraian dan spesifikasi juga disebutkan jika pengadaan mobil seharga 1,1 miliar rupiah tersebut merupakan retensi atau luncuran.

Dalam laman sirup.lkpd.go.id Kabupaten Bombana tahun 2022, Pemerintah setempat juga menganggarkan pengadaan mobil dinas. Nama paketnya, belanja modal kendaraan dinas bermotor bupati. Kode RUP nya, 36973810. Paket ini juga melekat di Sekretariat daerah Kabupaten Bombana. Anggarannya saat itu sebesar 1.125.000.000. Pengadaan mobil ini juga melalui E-Purchasing. Paket ini berada dinomor urut 130.

Sumber di Sekretariat daerah Bombana menyebutkan, anggaran pengadaan kendaraan dinas bermotor bupati tahun 2022 diporsikan saat pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P). Prosesnya melalui gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bombana. Namun sayang, pengadaan mobil dinas seharga Rp1,1 Milyar itu tidak terealisasi alias batal diadakan di tahun 2022. “Mobil yang akan dibeli saat itu (2022), tidak ada stoknya di Kendari termasuk di Makassar. Karena stok tidak ada, tidak jadi beli mobil dinas baru. Makanya anggaran pembelian mobil dinas 2022 diluncurkan lagi melalui APBD 2023,” kata sumber ini sambil meminta identitasnya tidak ditulis.

Dikutip dari antaranews.com, Hyundai Palisade menyediakan dua pilihan trim wheels yakni Alloy Wheels berukuran 18 inci (varian Prime) dan 20 inci (varian Signature 2WD dan AWD). Kendaraan ini dilengkapi pula dengan fitur Electrochromic Inside Rear View Mirror untuk mengurangi silau lampu pada kaca spion ketika cahaya berlebih terdeteksi dari bagian belakang kendaraan.

Untuk interior, versi terbaru dari Palisade ini menampilkan suasana kabin yang mewah dengan sentuhan premium yang diperbarui.

New Hyundai Palisade dibekali Heated Seat atau pengatur suhu kursi yang akan memberikan kehangatan saat dibutuhkan. Untuk kendaraan varian Signature 2WD dan AWD, selain Heated Seat, juga terdapat Ventilated Seat, yaitu pengatur suhu kursi yang memberikan kesejukan dan kenyamanan ekstra.

Bagian interior New Palisade juga dilengkapi dengan TFT Color Touch Display Audio berukuran 12,3 inci dengan tampilan digital untuk akses ke pengaturan untuk bantuan lebih lanjut dan fitur kenyamanan lainnya.

Selain itu, terdapat pula dua port USB-C Charging di tiap baris serta Wireless Smartphone Charger yang memberikan kemudahan bagi pengguna saat ingin mengisi daya smartphone.

Untuk varian Signature 2WD & AWD terdapat Infinity Premium Audio (12 Speakers) yang memberikan suara jernih dan Rear Seat Passenger Talk Mode yang berfungsi memperlancar komunikasi jika suara pengemudi tidak terdengar ke kursi belakang.

New Hyundai Palisade tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni Black Monotone (varian Prime), Black & Burgundy (barian Signature 2WD dan AWD), dan Navy & Warm Grey (Signature 2WD dan AWD).

Kepala bagian unit layanan pengadaan (ULP) barang dan jasa Pemkab Bombana Harno mengakui pengadaan kendaraan dinas roda empat di Sekretariat daerah. “Pengadaannya secara elektronik. Ada PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) di Setda (Sekretariat daerah). Jadi tidak melalui ULP,” kata Harno saat ditemui di kantor bupati Bombana beberapa waktu lalu.

PPK Setda Bombana Sapriadi belum memberikan keterangan terkait pengadaan mobil mewah tahun 2023 jenis Hyundai Palisade di Setda Bombana. Upaya konfirmasi secara tertulis yang dilayangkan lenterasultra.com melalui pesan singkat whatsAppnya, Anto-sapaan akrab Sapriadi- belum memberikan jawaban.

Begitu pula dengan Kabag ULP, Harno. Saat dihubungi kembali Selasa pagi, pada 15 Agustus 2023 melalui pesan singkat WhatsApp, juga belum memberikan jawaban hingga berita ini ditayangkan.

Penulis dan editor : Adhi

beli mobil dinas baruhyundai palisadePemkab Bombana