78 Kelompok Nelayan Ikut Lomba Balap Perahu, Berebut Hadiah Rp60 Juta

 

Pj Bupati Muna Barat Bahri (kiri) memberikan hadiah kepada kelompok nelayan yang meraih juara lomba perahu di Mubar. Foto : Yuni

 

LAWORO, LENTERASULTRA.COM – Kemeriahan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Muna Barat (Mubar) ke-9 tahun tahun 2023 belum juga berakhir. Dua pekan usai peringatan hari jadi bekas otorita Kabupaten Muna itu, penduduk Mubar masih terus menikmati berbagai rangkaian lomba.

Salah satunya, lomba balap perahu yang dilaksanakan di Pelabuhan Tondasi, Kecamatan Tiworo Utara Mubar. Acara ini digelar selama dua hari, sejak 5 sampai 6 Agustus 2023. Kegiatan tersebut merupakan lomba yang digelar khusus untuk masyarakat kepulauan dan pesisir yang menggunakan perahu sebagai alat transportasi dalam mobilisasi kesehariannya.

Selama dua hari digelar, Pelabuhan Tondasi dipadati masyarakat yang datang dari berbagai penjuru untuk menyaksikan kegiatan tersebut. Tak hanya itu, kemeriahan lomba balap perahu makin lengkap dengan penampilan 78 kelompok nelayan yang menjadi peserta lomba. Mereka datang dari berbagai desa di wilayah kepulauan seperti Santiri, Gala, Bero, Bangko, Tondasi, Pasipadanga, Latawe dan lainnya.

Dalam perlombaan tersebut, masing-masing kelompok akan menurunkan dua orang peserta yang bertugas menunggangi satu perahu. Mereka beradu kecepatan dengan peserta lain. Selanjutnya, penentu kecepatan perahu masing-masing peserta diuji dalam lintasan pada jarak sejauh 1000 meter.

Perahu nelayan di Kabupaten Muna Barat bersiap mengikuti lomba balap perahu. Foto : Yuni

 

Selain itu, lomba adu kecepatan kendaraan laut juga dibagi menjadi tiga jenis kelas berbeda. Jenis kelasnya disesuaikan berdasarkan satuan kekuatan mesin perahu. Kelas perlombaanya terdiri dari kelas 16 Paarden Kracht (PK), 24 Paarden Kracht, dan 30 Paarden Kracht keatas.

Lomba balap perahu dibuka Penjabat Bupati Muna Barat, Bahri pada Sabtu, 5 Agustus kemarin. Menurutnya, kegiatan lomba balap perahu menjadi salah satu bagian kemeriahan HUT Mubar, karena daerah yang dipimpinnya adalah daerah yang mencakup wilayah darat dan kepulauan. Untuk itu, ia ingin seluruh masyarakat merasakan kemeriahan kelahiran daerah itu yang memasuki usia 9 tahun.

“Mubar ini terdiri dari tiga wilayah besar dimana secara geografis terdiri dari darat, pesisir, dan laut. Agar seluruh masyarakat berpartisipasi di hari jadi ini, maka kita buatkan lomba yang bercirikan masyarakat pulau. Dan masyarakat dipulau itukan mata pencariannya nelayan dan kehidupannya diatas perahu, sehingga kita buatlah lomba perahu,” jelas Bahri saat ditemui lenterasultra.com, pada 6 Agustus 2023 di lokasi lomba.

Lomba balap perahu ini memperebutkan total hadiah sebanyak 60 juta rupiah. Masing-masing pemenang disetiap kelasnya dihadiahi uang tunai sebesar 10 juta rupiah. Sementara itu, untuk juara 2 pada kelas 30 PK dihadiai Rp 5,5 juta, kelas 24 dan 16 PK sebesar 4,5 juta rupiah. Sementara juara 3 pada kelas 30 PK sebesar 3,5 juta, kelas 24 dan 16 PK sebesar 2,5 juta. Dan juara 4 masing-masing menerima 1,5 juta rupiah.

Pj Bupati Muna Barat Bahri (tengah) berfoto bersama pemenang lomba balap perahu. Foto : Yuni

 

Tidak hanya itu, seluruh peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut juga mendapat bonus berupa bahan bakar solar sebesar 10 liter. Hadiah ini akan di berikan Dinas Perikanan Muna Barat sebagai penyelenggara kegitan tersebut. (Adv).

Daftar pemenang lomba balap perahu HUT Muna Barat ke- 9 tahun 2023 sebagai berikut :

 

1. Kelas 16 PK

Juara satu : Hasbuding ( Santiri)

Juara dua : Amirullah (Santiri)

Juara tiga : Ruslan (Santiri)

Juara empat : Karnadin (Gala)

 

2. Kelas 24 PK

Juara satu : Syahrir (Bangko)

Juara dua : Alwan (Santiri)

Juara tiga : La Kea (Pasipadanga)

Juara empat : Naharing (Bangko)

 

3. Kelas 30 PK keatas

Juara satu : Kris (Desa Tasipi)

Juara dua : Desa Bangko

Juara tiga : Desa Tondasi dan Maginti

 

Reporter : Sry Wahyuni

 

BahriLomba balap perahu. HUT Muna BaratPj. Bupati Muna Barat