Mensos Tri Rismaharini Resmikan Bantuan Rumah dan Edukasi Tata Cara Kelola Sampah Warga TPA Puuwatu Kendari

Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini saat menyambangi TPA Puuwatu, Kota Kendari, Selasa, 18 Juli 2023.

 

 

LENTERASULTRA.COM, KENDARI – Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini melakukan kunjungan kerja ke Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam rangka peninjauan dan peresmian pembangunan rumah pasca kebakaran di kawasan TPA Puuwatu, Selasa 18 Juli 2023.

Bantuan yang diserahkan yakni 26 unit rumah layak huni bagi korban kebakaran yang menelan anggaran sebesar Rp4,5 miliar. Selain itu, bantuan Atensi senilai Rp156 juta juga disalurkan berupa kasur, bantal, guling, sprei, kipas angin, kursi dan meja plastik, tikar, perlengkapan dapur, peralatan makan, dispenser dan galon.

Kepada awak media, Mensos Tri Rismaharini mengungkapkan bahwa bantuan yang diberikan bentuk responsif pemerintah pusat terhadap warga korban kebakaran. Pasalnya, lanjut Risma, laporan kebakaran sudah tiga kali masuk ke Kemensos.

“Ini sudah ketiga kali terbakar, awalnya minta tenda, tapi karena ini sudah berkali kali terbakar, saya ngomong tidak bisa, rumahnya harus diperbaiki. Kemudian saya mencari dana alhamdulillah ada. Kebetulan di Kendari lokasinya rawan gempa kita bangun rumah anti gempa,” terang mantan Wali Kota Surabaya itu.

Kedatangan Mantan Walikota Surabaya ini, tidak cuma-cuma, Tri Rismaharini memberikan pengetahuan kepada warga mengenai cara mengelola sampah dengan baik sehingga bermanfaat.

“Jadi sampah itu bisa diolah menjadi kompos, caranya sangat gampang misalnya sampah dari sekitar rumah itu dikeringkan dan bercampur dengan tanah setelah itu disaring sehingga bisa menjadi kompos. Selain bisa dijual kompos itu bisa jadi pupuk alami,” beber Tri Rismaharini.

Di tempat yang sama, Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih atas perhatian Kementerian Sosial RI terhadap korban kebakaran di Kota Kendari.

“Pemerintah kota mengucapkan terima kasih atas perhatiannya kepada masyarakat Kota Kendari, khususnya korban bencana kebakaran yang memang bertugas di TPA Puuwatu,” ungkapnya.

Asmawa memastikan, pihaknya dalam hal ini Pemkot Kendari melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan membantu pemenuhan sarana prasarana pendukung di kawasan rumah layak huni tersebut.

Sementara itu, Hasnawati, warga TPA Puuwatu mengaku sangat senang usai menerima kunci rumah bantuan dari Kemensos.

“Alhamdulillah terimkasih bu mentri sudah memberikan kami rumah yanh sangat nyaman, semoga warga lain juga bisa mendapat bantuan yang sama biar tidak ada rasa cemburu,” pungkasnya.

Penulis: Burhanuddin
Editor: Ode

Mensos Edukasi Tata Kelola SampahMensos Kunjungi KendariMensos Resmikan Bantuan Rumah Korban KebakaranMensos RisamMensos Sambangi TPA Puuwatu