Tinggalkan Bombana Malam Hari, Pj Bupati Hadiri Panggilan KPK

Plt Jubir KPK bidang Penindakan Ali Fikri. Fòto : Media Indonesia

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Pamer harta kekayaan atau flexing Burhanuddin dan istrinya Fatmawati Kasim Marewa di media sosial berbuntut panjang. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Bombana itu untuk dilakukan klarifikasi terkait Laporan Harta Kekayaannya sebagai Penyelenggara Negara (LHKPN).

Sejak Rabu, 5 April 2023, Burhanuddin sudah tidak terlihat di Bombana. Di rumah jabatannya, di bilangan Lauru juga tidak terlihat mobil dengan nomor polisi DT 1 K. Padahal, jika PJ Bupati ada di Bombana, mobil dinas mitsubishi pajero hitam yang menjadi tunggagannya, selalu terpakir di depan rumah dinasnya.

Begitu juga  di kantor Bupati di Lameroro, Kecamatan Rumbia. Sejak pagi, awal masuk kantor sampai sore hari, waktu pulang Aparatur Sipil Negara (ASN), Pj Bupati tidak terlihat di kantornya. Tidak adanya Burhanuddin di Bombana, juga tersirat saat acara penyusunan program dan temu teknis penyuluh pertanian Kabupaten Bombana, yang diselenggarakan Dinas Pertanian di Aula Tanduale, Kantor Bupati, Rabu, 5 April 2023.

Sejak acara dimulai sekitar pukul 09.00 Wita, Burhanuddin tidak nampak. Padahal, kegiatan tersebut, sejatinya dibuka oleh Pj Bupati. Namun karena ketidak hadirannya, agenda tersebut diwakilkan kepada Sekretaris daerah Man Arfa untuk membukanya. Saat acara tersebut digelar, sejumlah pejabat daerah terlihat datang. Diantaranya Kapolres Bombana, Ajun Komisari Besar Teddy Arief Soelistyo, Kepala Kejaksaan Negeri Bombana (Kajari) Agung Sugiharto, SH, wakil ketua DPRD Ardi, Danramil Rumbia, serta forum komunikasi pimpinan daerah lainnya. Saat acara dimulai, Sekda, Kapolres, Kajati, Wakil Ketua DPRD dan Danramil Rumbia terlihat duduk berdampingan dengan posisi berhadapan dengan kepala OPD, penyuluh dan undangan yang hadir.

Sekda Bombana, Man Arfa (enam dari kiri) Kapolres Bombana, AKBP Teddy (lima dari kiri) Kepala Kajari Bombana Agung Sugiharto (enam dari kanan), wakil ketua DPRD Bombana Ardi (tengah) berfoto bersama usai pelaksanaan penyusunan program dan temu teknis penyuluh pertanian Kabupaten Bombana di Aula Tamduale Rabu, 5 April 2023. Foto : FB Diskomimfos Kabupaten Bombana.

 

Informasi yang dihimpun lenterasultra.com, Burhanuddin meninggalkan Bombana sejak Selasa malam, 4 April 2023 sekitar pukul 19.30 Wita. Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Provinsi Sulawesi Tenggara ini berangkat dari daerah otoritanya menuju Kota Kendari, usai menghadiri acara buka puasa bersama dengan pegawai kecamatan dan kepala organisasi perangkat daerah  (OPD) di kantor Camat Rarowatu Utara. “Setelah buka puasa, beliau (Pj Bupati) sudah tinggalkan Bombana menuju Kendari,” kata salah seorang pegawai di Pemkab Bombana.

Belum ada informasi pasti apa agenda Burhanuddin ke Kendari Selasa malam itu. Yang pasti keesokan harinya, tepatnya Rabu, 5 April 2023, Burhanuddin terbang ke Jakarta. Informasi yang berkembang di Bombana, salah satu agenda Pj Bupati ke Jakarta, disinyalir untuk memenuhi panggilan KPK, guna diklarifikasi LHKPN nya usai video flexing viral di berbagai media sosial, cetak, televisi dan media online.

Keberangkatan Burhanuddin di Jakarta, menyebabkan beberapa agendanya yang sudah terjadwal tertunda. Salah satunya adalah safari ramadan berupa bagi-bagi takjil dan buka puasa bersama di beberapa kecamatan di Bombana. Sesuai jadwal pembagian takjil bulan suci ramadan 1444 H/2023 yang didapat lenterasultra.com, di hari keberangkatannya ke ibu kota Negara, Burhanuddin semestinya akan melakukan safari ramadan bersama kepala OPD di Kecamatan Rarowatu.

Sehari setelah itu, tepatnya Kamis, 6 April, Pj Bupati akan melanjutkan jadwal bagi-bagi takjil di Kecamatan Poleang Utara. Tidak hanya itu, jadwal bagi-bagi takjil di Kecamatan Rumbia dan Rumbia Tengah, yang dirangkaikan dengan malam Nuzulul Qur’an Jumat, 7 April 2023 juga terancam batal dihadiri Pj Bupati Bombana. Karena saat peringatan 17 ramadan tersebut, Pj Bupati dijadwalkan masih berada di ibu kota negara. Burhanuddin dikabarkan baru akan balik ke Kendari Sabtu atau Minggu, 8 atau 9 April 2023.

Penjabat Bupati Bombana, Burhanuddin didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Fatmawati Kasim Marewa melintasi ambal merah saat pertama kali menginjakkan kaki di Kabupaten Bombana, Senin, 29 Agustus 2022, usai dilantik menjadi Pj Bupati, Rabu, 24 Agustus 2022. Foto : FB Diskominfos

 

Keberangkatan Burhanuddin ke Jakarta untuk menghadiri panggilan KPK dibenarkan pelaksana tuga (Plt) juru bicara KPK bidang penindakan Ali Fikri. Dihubungi wartawan lenterasultra.com, Ali Fikri mengatakan, mantan Pj Bupati Konawe Kepulauan (Konkep) itu dijadwalkan akan diperiksa hari ini di KPK. “Diagendakan hari ini (Kamis, 6 April),” jawab Ali Fikri saat dikonfirmasi via pesan singkat WhatsApp nya, Kamis pagi, 6 April 2023.

Penulis dan editor : Adhi

BurhanuddinFkexing Pj Bupati Bombana Burhanuddin dan IstriJubir KPK Ali FikriLHKPNMelancong ke AmerikaPj Bupati BombanaViral