Corak Bombana Motif Kepala Kuda Muncul di Amerika Serikat

Screnshot Instagram defrico_audy yang memposting corak khas Bombana motif kepala kuda. 

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Corak khas Kabupaten Bombana bertambah lagi. Terbaru adalah motif kain tenun kepala kuda. Hebatnya,  kearifan lokal warisan budaya di Wonua Bombana ini, muncul di Benua Amerika Serikat. Padahal motif baru ini, belum pernah terdengar apalagi diseminarkan dan ditetapkan bersama tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat menjadi corak khas di daerah asalnya, Bombana.

Motif khas kepala kuda itu, muncul di Negara Paman Sam setelah Penjabat (PJ) Bupati Bombana Burhanuddin dan istrinya, PJ Ketua Dekrnasda Fatmawati Kasim Marewa dan Anisa Sri Prihatin, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga serta Janariah yang disebut-sebut sebagai tenaga ahli Bupati bidang Pariwisata dan UKM, melancong ke Amerika Serikat sejak Kamis, 9 Februari 2023 lalu. Di Negara Abang Sam itu, mereka melakukan perjalanan dinas yang dikemas dalam acara
New York Indonesia Fashion Week (NIFW).

Kearifan lokal budaya Bombana ditampilkan dalam NIFW yang digelar, Sabtu 11 Februari 2023 lalu. Defrico Audy, desainer yang disebut-disebut terlibat dalam promosi pakaian khas Bombana ini mengungkap hadirnya corak baru yakni motif kepala kuda dalam acara NIFW di Amerika Serikat.

“NYIFW Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara dengan bangga mempersembahkan hasil karya motif kain tenun kepala kuda karya Ketua Dekranasda Kabupaten Bombana ibu@fb_marewa bekerja sama dengan desaigner Defrico Audy di acara Fashion Show bertaraf Internasional di Newyork tanggal 11 Februari 2023 USA,” tulis Defrico Audy dalam akun Instagramnya defrico_audy yang dikutif lenterasultra.com Jumat, 17 Februari 2023.

Postingan ini sepertinya diposting Defrico Audy lima hari lalu. Ini merupakan kali pertama dia memperkenalkan di instagramnya, terkait motif kepala kuda yang Dia desain. Defrico kembali memposting dan memperkenalkan lagi corak khas Bombana motif kepala kuda di akun instagramnya Kamis, 16 Februari 2023 lalu.

Dalam postingannya kali kedua ini, Defrico turut menampilkan foto PJ Ketua Dekranasda Bombana yang mengenakan motif kain tenun yang diduga motif kepala kuda. “Ketua Dekranasda Kabupaten Bombana Hj Fatmawati Kasim Marewa ikut berjalan di catwalk NYIFW bersama para model Internasional. Menggunakan rancangan beliau pribadi dengan Utami tenun serta dirancang sangat apik oleh desainer Defrico Audy,” tulis Defrico di akun Instagramnya yang dikutip lentrasultra Jumat, 17 Februari 2023. Saat lenterasultra mengunjungi Instagram defrico_audy, postingan tersebut baru diupload 17 jam lalu.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Anisa Sri Prihatin yang masih berada di Amerika belum memberikan konfirmasi terkait motif apa saja yang di tampilkan di Fashion Week Amerika Serikat. Anisa juga belum memberi keterangan apakah motif kepala kuda memang diperkenalkan dalam fashion show yang diklaim bertaraf internasional tersebut. Dihubungi via pesan singkat WhatsApp nya, Anisa belum merespon pertanyaan lenterasultra hingga berita ini ditayangkan.

Ilfan Nurdin salah satu tokoh adat Bombana mengaku selama meneliti sejarah corak khas dan motif Bombana, dirinya baru mendengar motif kepala kuda. Selain itu, Ilfan merasa dirinya termasuk tokoh-tokoh adat Moronene yang lain belum pernah dilibatkan dalam pembahasan apalagi mengikuti seminar terkait tambahan satu motif baru yakni kepala kuda. “Sepengetahuan saya, baru ada 12 motif khas Bombana. Tiga dari daratan, sembilan motif dari wilayah kepulauan Kabaena. Dari 12 ini tidak ada motif kepala kuda,” kata Ilfan Nurdin, via teleponnya Jumat siang, 17 Februari 2023.

Penulis dan editor : Adhi

Amerika SerikatFatmawati Kasim MarewaKetua Dekranasda BombanaMelancong ke Amerikamotif kepala kudaPaman SamPj Bupati Bombana