Rp1,2 Milyar Duit Bombana, Diporsikan untuk Biaya Melancong ke Amerika

Penjabat Bupati Bombana, Burhanuddin (kiri) bersama istrinya, PJ Ketua Dekranasda, Fatmawati Kasim Marewa (tengah) saat menghadiri festifal Tangkeno di Pulau Kabaena beberapa waktu lalu. Foto : FB Diskominfos Bombana

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Penjabat (Pj) Bupati Bombana, Burhanuddin bersama PJ Ketua Dekranasda Fatmawati Kasim Marewa sudah berada di Amerika Serikat sejak Jumat, 10 Februari 2023. Untuk pelesiran di Negara Paman Sam itu, suami istri ini dibiayai dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bombana tahun 2023.

Bersama Janariah, Kepala Dinas Pariwisata Bombana yang sudah purna bakti akhir 2021 lalu sekaligus tenaga ahli Bupati bidang Pemberdayaan Perempuan dan Anak, dan Anisa Sri Prihatin, suksesor Janariah di Dinas Pariwisata, keempatnya melancong di Negeri Abang Sam menggunakan duit daerah yang tidak sedikit. Total  anggaran yang diporsikan untuk mempromosikan motif tenun Bombana di benua terbesar kedua di dunia itu, sebesar Rp 1.204.808.000. Dana sebanyak ini  digunakan untuk biaya perjalanan dinas, ongkos desainer, sewa acara dalam kunjungan keempatnya dalam kegiatan yang dikemas dengan New York Indonesia Fashion Week (NIFW).

Anggaran kegiatan NIFW ini, melekat di Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang kini dipimpin Anisa Sri Prihatin. Sesuai penulusuran lenterasultra di Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) berbasis web Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bombana tahun 2023, kunjungan PJ Bupati, PJ Ketua Dekranasda, Kadis Pariwisata dan tenaga ahli Bupati ke Amerika, dimasukan dalam kegiatan pengembangan ekosistem ekonomi kreatif.

Di SiRUP Dinas Pariwisata, ada tiga item yang menyebut  kegiatan pengembangan ekosistem ekonomi kreatif. Ketiganya tertulis di nomor urut 9, 10 dan 11. Di urut 9, nama paketnya tertera biaya perjalanan dinas biasa luar negeri. Anggarannya, Rp 342.668.000. Fulus sebanyak ini diduga sebagai ongkos perjalanan dinas PJ dan rombongannya di Negara yang kini dipimpin Joe Biden.

Di urut 10 juga memuat kegiatan pengembangan ekonomi kreatif. Yang beda, nama paketnya yakni, biaya jasa penyelenggara acara. Dananya diporsikan sebesar Rp 200 juta. Anggaran ini ditengarai menjadi ongkos kegiatan selama di Abang Sam. Sedangkan di nomor urut 11, paling banyak anggaran diporsikan untuk kegiatan pengembangan ekonomi kreatif. Nominalnya, Rp 662.120.000. Cuan lebih setengah miliar ini untuk membiayai paket belanja jasa tim desainer fashion show IFW New York. Jika ditotal, tiga kegiatan yang sama dengan nama paket yang berbeda ini, sekitar Rp 1.204.808.000.

Kepala Dinas Pariwisata Bombana, Anisa Sri Prihatin tidak menyebutkan berapa total anggaran yang digunakan untuk pelesiran ke Negara Abang Sam. Mantan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) ini hanya menyebutkan dana perjalanan dinas. “Anggarannya sesuai perjalanan. Untuk perjalanannya 300 (300 juta),” kata Anisa Sri Prihatin, saat ditemui usai bertemu dengan Sekretaris Daerah Bombana di kantor bupati Selasa, 24 Januari 2023.

Sambil menuruni anak tangga kantor Bupati Bombana, Anisa mengatakan, perjalanan dinas ke Amerika akan dilaksanakan selama enam hari. Lama pelesiran ini, belum termasuk waktu terbang dari Indonesia ke Paman Sam. Selain PJ Bupati Bombana Burhanuddin, PJ Ketua Dekranasda, Fatmawati Kasim Marewa, Dirinya dan tenaga ahli bupati, kunjungan ke Amerika juga menyertakan desainer Defrico Audy.

“Pasti ada (desainer yang dibawa). Defrico Audy. Memang kita punya MoU (Memorandum of Understanding) dengan pihak mereka (Defrico Audy) untuk mempromosikan motif daerah,” ungkap Anisa saat itu.

 

Penulis dan editor : Adhi

APBD 2023BurhanuddinFatmawati Kasim MarewaMelancong ke AmerikaNewyork Fashion WeekPariwisataPj Bupati BombanaPJ Ketua Dekranasda BombanaViral