Pj Bupati Bombana Job Fit 13 JPTP Selama Tiga Jam

Kepala OPD yang tergabung dalam kelompok 13 JPTP meriung di ruang tunggu bupati sesaat sebelum job fit di mulai di ruang rapat kantor Bupati Bombana. Foto : Adhi

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Tiga belas jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) di Pemkab Bombana akhirnya mengikuti job fit Kamis, 26 Januari 2023. Penjabat (Pj) Bombana Burhanuddin bersama Sekretaris daerah Man Arfa, memimpin langsung proses wawancara kesesuaian jabatan terhadap belasan pimpinan tinggi pratama (PTP) tersebut selama tiga jam.

Job fit dimulai sekitar pukul 11.50  dan berakhir sekitar pukul 15.00 Wita.  Saat job fit, 13 PTP masuk bersamaan di ruang rapat bupati. Selama tiga jam, mereka ditanya satu persatu terkait tupoksi di instansi yang mereka pimpin saat ini. Yang pertama di wawancara adalah Kepala Dinas Keluarga Berencana Abdul Azis sedangkan yang terakhir, Kepala Bappeda Husrifna Rahim.

“13 PTP masuk sekaligus. Kami sistem panel di dalam. Di depan Bupati, kami disuruh membuat semacam karya tulis terkait tupoksi. Dari tulisan inilah kami ditanyakan,” kata salah satu peserta JPTP usai mengikuti job fit. Penjabat Bupati Bombana, Burhanuddin mengatakan jika apa yang dilakukan selama tiga jam di ruang rapatnya bukan merupakan job fit.

“Ini bukan job fit. Ini wawancara khusus untuk mengetahui kompetensi para kepala-kepala dinas,” kata Burhanuddin. Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Provinsi Sulawesi Tenggara ini bilang dirinya perlu melakukan itu karena dia belum lama menjabat sebagai Pj Bupati Bombana sehingga perlu tahu kompetensi pejabat eselon duanya itu.

Apalagi 13 PTP ini belum lama menjabat di organisasi perangkat daerah (OPD) yang mereka pimpin.  “Mereka (13 PTP) ini kan baru menjabat. Jadi saya wawancara khusus untuk mengetahui kompetensinya. Jika masih kurang, ya akan kita tingkatkan,” sambungnya.

Mantan Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sultra ini juga mengakui tidak melibatkan empat anggota Panitia seleksi (Pansel) bentukannya, yang telah merampungkan tugas job fit, Selasa, 17 Januari 2023 lalu. “Enggak-enggak. Ini khusus untuk saya dengan pak Sekda, karena internal saya,” ungkap Burhanuddin.

Penulis dan editor : Adhi

 

BurhanuddinJob fitJPTPKASNPj Bupati Bombana