Sinyal Mutasi Kadis di Bombana Menguat

Pejabat Bupati Bombana, Burhanuddin menggenggam tangan istrinya, Fatmawati Kasim Marewa akan melewati ambal merah yang disiapkan di depan rumah jabatannya saat menginjakan kaki perdana di Kabupaten Bombana, Senin, 29 Agustus 2022. Foto : FB Diskominfos Bombana

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Pejabat eselon dua di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana siap-siap bergeser dari jabatannya. Sebab, isu mutasi di bekas otorita Kabupaten Buton itu makin menguat menjelang tiga bulan kepemimpinan Burhanuddin, sebagai Penjabat (Pj) Bupati Bombana.

Rencana pergeseran pejabat teras di daerah itu, juga diperkuat dengan rencana job fit sebagai rujukan untuk menggelar rotasi atau mutasi di Pemkab Bombana. Belum diketahui kapan pelaksanaan menilai kecocokan karateristik calon kepala dinas dan badan melalui kepribadian, pengalaman yang mereka miliki dalam bekerja, namun yang pasti, pelaksanaan job fit ini telah diusulkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). “Rencana job fit sudah dikirim ke KASN termasuk panitia pelaksananya,” kata sumber di Pemkab Bombana, Selasa, 15 November 2022.

Penjabat Bupati Bombana, Burhanuddin tidak memungkiri akan melakukan job fit kepada pejabatnya yang duduk di level eselon dua. “Baru kita rencanakan (job fit),” kata Burhanuddin usai menerima sertifikat dan penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia atas keberhasilan Pemkab Bombana meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sembilan kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI di Mal Pelayanan Publik Bombana, Kamis, 27 Oktober 2022 lalu.

Penjabat Bupati Bombana, Burhanuddin (dua dari kanan) bersama sejumlah Bupati di Sultra. Foto : FB Diskominfos Bombana

 

Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ini bilang, job fit untuk mengetahui kapasitas pejabat-pejabat Pemkab Bombana yang sedang menjabat kepala dinas dan badan saat ini. Burhanuddin saat itu tidak mengakui jika rencana job fit untuk merotasi pejabatnya. “Oh nggak, nggak, itu hanya kita mau tau kalau ada yang kurang-kurang kita berikan pembenahan dan perbaikan,” kata Burhanuddin, saat itu.

Terkait akan adanya pejabat eselon dua yang akan purna bakti di akhir tahun 2022 ini, mantan Pj Bupati Konawe Kepualauan ini bilang, posisi pejabat yang akan pensiun itu sudah pasti akan diganti dan diisi oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memenuhi syarat. Namun untuk mengisi jabatan eselon dua yang akan ditinggalkan pejabat pensiun tersebut, Burhanuddin mengaku tidak lagi melalui job fit, tetapi akan dilakukan lelang jabatan.

Penjabat Bupati Bombana, Burhanuddin (kanan) menyaksikan pejabat eselonnya meneken pakta integritas. Foto : FB Diskominfos Bombana

 

Ditahun 2022 ini, tercatat satu pejabat eselon dua yang pensiun. Pejabat tersebut adalah Alimin. Saat ini, dia tengah menduduki jabatan sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). Mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja ini akan mengakhiri pengabdiannya sebagai ASN di akhir Desember 2022. (ADV)

 

BurhanuddinJob fitKASNKetua Tim Penggerak PKK BombanamutasiPj Bupati BombanaRotasi