Jabatan Berakhir, Tafdil Tinggalkan Rujab Bupati Bombana Subuh Hari

Inilah rumah dinas Bupati Bombana. Selama 10 tahun, Tafdil menghuni rumah jabatan tersebut. Namun seiring dengan berakhirnya masa jabatannya sebagai Bupati Bombana, Tafdil resmi meninggalkan rumah dinasnya Senin subuh, 22 Agustus 2022. Foto : Adhi

 

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Fasilitas negara yang dinikmati Tafdil selama 10 tahun resmi ditanggalkan. Ini seiring dengan berakhirnya masa jabatannya sebagai Bupati Bombana periode 2011-2016 dan 2017-2022. Senin, 22 Agustus subuh hari, Tafdil bersama keluarganya juga meninggalkan rumah jabatan (rujab) Bupati Bombana. Siangnya, Tafdil menyusul menyerahkan kendaraan dinas Pajero Sport DT 1 K.

Tafdil keluar dari rumah dinas sekitar 05.30 WITA. Saat meninggalkan rujab, Tafdil tidak lagi menumpangi mobil dinasnya. Bupati Bombana dua periode ini memilih memakai kendaraan pribadinya, toyota fortuner putih. Saat tinggalkan rumah dinas yang dihuni selama 10 tahun, Tafdil didampingi istrinya, Andi Nirwana yang saat ini masih menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2019-2024, utusan Sulawesi Tenggara.

Tidak ada iring-iringan kendaraan dinas yang mengikuti Tafdil saat meninggalkan rumah jabatannya. Yang ada, hanya beberapa kendaraan plat hitam yang membawa sisa barang-barang pribadinya. “Sekitar jam lima lewat meninggalkan rumah jabatan,” kata sumber yang melihat Tafdil meninggalkan rumah jabatannya.

Ketika keluar rujab, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Bombana ini tidak banyak lagi membawa barang pribadinya. Karena sejak siang hingga malam hari, sudah lebih dulu dikeluarkan dari rumah jabatan. Usai meninggalkan rumah dinasnya, Tafdil tidak tinggal di villanya di Kelurahan Poea, Kecamatan Rumbia.

Bupati Bombana periode 2017-2022 memilih memindahkan barang-barangnya dan tinggal di vila lainnya di bilangan Langkapa, Desa Watukalangkari, tepatnya di belakang rumah jabatan ketua DPRD. Kepala Desa (Kades) Watukalangkari Sahrir membenarkan jika Tafdil merupakan salah satu warganya. Kata pria yang akrab disapa Abba ini, Bupati Bombana periode 2017-2022 ini tinggal di vilanya yang sudah lama dibangun di wilayahnya.

“Dia tinggal di dusun dua” kata Abba, saat dihubungi via ponselnya Senin malam, 22 Agustus 2022. Abba bilang, disekitar tempat tinggal Tafdil ada perumahan. Namanya bukit nirwana. Abba mengaku, perumahan itu merupakan milik salah satu pengusaha asal Makassar, Sulawesi Selatan bernama Hendrik. “Yang punya perumahan itu, ada warkopnya di Makassar,” katanya.

Kepala bagian umum Sekretariat Daerah Bombana, Marlina mengatakan, Tafdil meninggalkan rumah jabatan Senin pagi. Saat keluar rumah dinas, Dia hanya membawa barang-barang pribadinya. Marlina juga sudah memeriksa fasilitas dinas yang ada di dalam rumah. Semuanya masih lengkap. “Sudah dikunci. Aman semua,” katanya.

Sekretaris daerah (Sekda) Bombana, Man Arfa mengatakan, setelah meninggalkan rumah jabatan Senin pagi, Bupati Tafdil juga menyerahkan kendaraan dinasnya selama ini, mitsibushi Pajero. Mobil DT 1 K sambung Man Arfa diserahkan kepadanya, Senin siang. Kendaraan dinas yang baru sekitar setahun diadakan itu, kini diparkir di rumah jabatan Sekda. “Setelah saya terima, untuk sementara saya amankan di rumah jabatan Sekda,” ungkap Man Arfa.

Penulis dan editor : Adhi

Bupati Dua PeriodeJabatan Bupati Bombana BerakhirMan ArfaSekda BombanaTafdil Tinggalkan Rujab