Rekonsiliasi, Pj Mubar Bahri Akan Sowan ke Rusman, Rajiun dan Ridwan Bae

Pj Bupati Muna Barat, Bahri. Foto : Ode

 

LAWORO, LENTERASULTRA.COM – Direktur Perencanaan Anggaran Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Bahri akhirnya kembali ke Muna Barat, kampung halamannya dengan status sebagai orang nomor satu, Minggu 29 Mei 2022. Bahri sebelumnya dilantik oleh Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi sebagai Pj Bupati Mubar pada 27 Mei 2022 lalu.

Kehadiran Bahri di Mubar disambut jajaran Pemkab, mulai dari Sekretaris Daerah Husein Tali, unsur pimpinan DPRD Uking Jasa, para kepala dinas dan birokrasi serta tokoh masyarakat di Kel. Waumere, Kec. Tiworo Kepulauan.

Usai resmi bertugas sebagai Pj Mubar, Bahri mengaku dalam waktu dekat ini akan melakukan rekonsiliasi dengan beberapa tokoh pemerintah untuk menghilangkan sekat yang terjadi antara Kabupaten Muna dan Muna Barat. Itu dilakukannya agar dua daerah ini dapat bersinergi dengan baik.

“Saya akan lakukan rekonsiliasi agar tidak ada lagi gep-gep supaya daerah ini kondusif. Jadi nanti tidak ada lagi ketakutan pegawai kita ke Muna begitupun sebaliknya karna kita ini sebenarnya satu,” ujarnya.

Untuk itu, Bahri mengaku akan bertemu dengan tokoh pemerintah seperti LM. Rusman Emba selaku Bupati Muna, LM. Rajiun Tumada sebagai mantan Bupati Muna Barat dan Ridwan Bae sebagai tokoh masyarakat Muna Raya. Beberapa tokoh tersebut dianggap dapat mendukung terciptanya sinergitas.

“Kita perlu dukungan beberapa tokoh pemerintah agar tidak ada lagi sekat yang terjadi didua daerah ini. Dan saya juga akan bertemu dengan Kapolres dan Forkopimda,” ujarnya.

Selain rekonsiliasi, Bahri juga menyebut agenda pertama yang akan dilakukan yakni membedah beberapa masalah yang dihadapi Kabupaten Muna barat saat ini baik itu dalam pembangunan hingga pada kesejahteraan pegawai. Makanya, dia akan segera mengumpulkan unsur pemerintah mulai dari kepala desa hingga kepala dinas untuk mengindentifikasi masalah serta menyiapkan solusinya.

“Mubar ini adalah tanah leluhur saya dan hari ini merupakan hari pertama bertugas. Insaallah besok saya akan memimpin apel pagi kemudian saya akan rapat dengan teman-teman SKPD, para Kepala Desa dan semua. Dikesempatan itu saya akan coba bedah masalah, dimana kita coba petakan semuanya dari segala bidang yang ada nanti kemudian kita evaluadi dan buat tahapan rencana tindak lanjut,” jelasnya.

Bahri berkomitmen menjadi pemimpin bagi semua kelompok masyarakat di Mubar. Ia berjanji menjalankan pemerintahan dengan memberi rasa keadilan bagi semua. Namun, dirinya juga meminta agar masyarakat Mubar, terlebih aparatur birokrasi agar membantunya selama bertugas.

“Kehadiran saya disini untuk membantu masyarakat. Semoga nantinya dengan kebersamaan kita bisa bangun daerah kita ini lebih maju,” terangnya.

Reporter : Sry Wahyuni

Editor : Ode

BahriBupati Muna baratPj Mubar BahrirajiunRidwan BaeRusman