Husein Tali Sebut Bahri Bupati Mubar Kelima, Harus Hargai Pendahulunya

 

Sekda Mubar, Husein Tali (peci) dan Pj Bupati Mubar, Bahri (kuning). Foto : Ode

 

RAHA, LENTERASULTRA.COM – Pj. Bupati Muna Barat, Bahri disambut jajaran Pemkab Muna Barat, unsur DPRD serta tokoh masyarakat saat kunjungan perdananya di daerah itu, Minggu, 29 Mei 2022.

Bahri langsung mengikuti acara silaturahmi dan perkenalan diri yang digelar di rumah jabatan sementaranya di Kel. Waumere, Kecamatan Tiworo Kepulauan.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah Husein Tali mengenalkan Bahri sebagai putera daerah. Ia juga mengatakan kalau Bahri merupakan kepala daerah kelima yang menjabat di Muna Barat.

“Kami ingatkan ini Bupati kelima Muna Barat,” terangnya.

Direktur Perencana Anggaran Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Bahri memang menjadi kepala daerah kelima di Mubar. Itu jika di urut sejak 2014, pasca otorita ini mekar dari induknya, Kab. Muna.

Dalam periode 2014 hingga 2022, Mubar sudah dipimpin tiga Bupati dengan status Penjabat dan dua Bupati defenitif.

Dimulai dari LM. Rajiun Tumada yang menjadi Penjabat Bupati pada tahun 2014 – 2016. Selanjutnya ada Roni Yakoeb yang ditunjuk sebagai Pj Bupati tahun 2016 – 2017, saat momen Pilkada Mubar 2017.

Setelah itu, LM. Rajiun Tumada yang terpilih dalam Pilkada 2017 menjadi Bupati defenitif pertama Muna Barat. Rajiun memerintah tahun 2017 – 2020, lalu mengundurkan diri untuk mengikuti Pilkada Muna 2020.

Sepeninggal Rajiun, jabatan Bupati defenitif dipegang Achmad Lamani yang melanjutkan pemerintahan sejak 2021 – 2022. Setelah purnatugas, Bupati Mubar selanjutnya ialah Husein Tali yang ditunjuk sebagai pelaksana harian merangkap sebagai Sekretaris Daerah. Husein Tali hanya memimpin tujuh hari.

“Sebagai Bupati kelima, maka harus menghargai pendahulunya,” kata Husein Tali.

Husein Tali mengatakan, seluruh jajaran Pemkab Mubar siap mendukung kepemimpinan Pj Bupati, Bahri. Ia meminta agar jajaran birokrasi bekerja keras membantu pemerintahan saat ini.

“Kita semua harus bersatu membangun daerah ini. Semua mendukung kepemimpinan Pak Bahri,” ungkapnya.

Pj Bupati Bahri sendiri mengaku hadir di Muna Barat untuk menjadi pemimpin bagi semua. Dia mengaku melanjutkan pembangunan yang sudah ada. Termasuk tidak akan mengganti ‘kabinet’ saat ini. Dia memastikan semua pejabat Mubar akan digunakan jasanya demi membangun daerah.

“Saya hadir untuk semua. Termasuk saya akan memimpin dengan memerhatikan tiga wilayah utama yaitu Lawa, Tiworo dan Kusambi. Saya juga membangun rekonsiliasi dan bertemu dengan Pak Rajiun, Pak Rusman sebagai Bupati Muna dan Pak Ridwan Bae,” jelasnya.

(Ode)

Bahri Tiba di MubarHusein Tali SekdaPj Mubar BahriPj Muna Barat