Gubernur Sultra Tunjuk Husein Tali sebagai Plh Bupati Mubar

Kabag Humas dan Protokoler Mubar, Fajar Fariki. Foto : Istimewa

 

LAWORO, LENTERASULTRA.COM – Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi menunjuk Sekretaris Daerah Kab. Muna Barat, Husin Tali sebagai pelaksana harian Bupati untuk menjalankan tugas-tugas kepala daerah sementara waktu sampai adanya pelantikan Penjabat Bupati. Penunjukkan Plh itu dikarenakan Bupati defenitif Achmad Lamani resmi purnatugas hari ini, Minggu, 22 Mei 2022. Sementara disaat bersamaan, pelantikan Pj. Bupati juga belum dilaksanakan.

Kabag Humas dan Protokoler Mubar, Fajar Fariki mengatakan membenarkan adanya surat keputusan penunjukan Sekda Husin Tali sebagai Plh Bupati. Penunjukan Plh tersebut untuk menghindari adanya kekosongan pemerintahan.

“SK-nya sudah ada, insya Allah sebentar siang akan diserahkan,” ujarnya pada lenterasultra.com melalui sambungan telepon pada Minggu, 22 Mei 2022.

Ia melanjutkan, Pemerintah Kabupaten Muna Barat telah berkoordinasi dengan Pemprov ihwal penyerahan SK tersebut. SK akan diserahkan langsung oleh Sekda Provinsi, Asrun Lio kepada LM. Husein Tali. “Dari hasil konfirmasi tadi dari Kabag Pemerintahan yang sudah berkoordinasi dengan Kepala Biro penyerahan SK Plh diserahkan langsung oleh Sekda Provinsi kepada Husen Tali di Kendari,” jelasnya.

Untuk diketahui, dalam salinan SK yang diterima Lenterasultra.com, Gubernur mengeluarkan surat penunjukan Husin Tali sebagai Plh tertanggal 20 Mei 2022. Penunjukkan itu berdasarkan ketentuan pasal 131 ayat 4 Peraturan Pemerintah No 49 tahun 2008 tentang perubahan ketiga atas Peraturan Pemerintah nomor 6 tahun 2005 tentang pemilihan, pengesahan, pengangkatan dan pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah yang menegaskan dalam hal terjadi kekosongan jabatan kepala daerah sebagaimana dimaksud ayat 3, Sekretaris Daerah melaksanakan tugas sehari-hari kepala daerah sampai dengan Presiden mengangkat Penjabat Kepala Daerah.

“Untuk menjamin penyelenggaraan pemerintahan tetap berjalan dengan efektif, maka sambil menunggu pelantikan penjabat Bupati dengan ini menunjuk pelaksana harian Bupati Muna Barat kepada saudara Drs. L.M. Husin Tali, M.Pd,” demikian petikan surat penunjukan yang dicap dan ditandatangani Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Reporter : Sry Wahyuni

Editor : Ode

GubernurHusin TaliMuna BaratPj MubarPlH