Achmad Lamani Purnatugas, Fajar Fariki Sebut Sosoknya Inspiratif dan Teladan

Bupati Mubar, Achmad Lamani (merah) bersama Kabag Humas Mubar, Fajar Fariki. Achmad Lamani resmi purnatugas pada 22 Mei 2022.

 

LAWORO, LENTERASULTRA.COM – Bupati Muna Barat, Achmad Lamani akhirnya tiba dipenghujung masa jabatan. Jumat, 20 Mei 2022 menjadi hari terakhirnya berkantor sebagai orang nomor satu di daerah itu. Jabatannya kini harus ia tanggalkan. Namun birokrat senior itu telah mewariskan keteladanan yang akan terus membekas di hati para aparatur sipil negara.

Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Mubar, Fajar Fariki menguraikan kegiatan Acmad Lamani dihari terakhirnya berkantor. Ia mengatakan, Bupati Acmad Lamani masih melakukan aktifitasnya seperti biasa. Ia mengawali harinya dengan menemui masyarakat di kediamannya dan selanjutnya ia berangkat menuju kantor Bupati. Aktifitas itu rutin dilakukan selama Acmad Lamani menjabat sebagai Bupati setahun terakhir.

“Seperti biasa, beliau sekitar jam 9 pagi tadi masuk kantor,” katanya Fajar Fariki.

Ia melanjutkan, dihari terakhir bertugas itu, Bupati Achmad Lamani mulai merapikan ruang kerjanya di kantor Bupati. Mengemas beberapa berkas, foto hingga buku yang menjadi referensinya selama menjalankan tugas pemerintahan.

“Tadi dibantu ajudan dan protokoler bersama staf mulai mengemasi berkas, foto-foto hingga buku referensi,” jelasnya.

Mantan Sekretari DLH itu juga mengungkapkan kesannya kepada Achmad Lamani. Menurutnya, sosok Acmad Lamani sangat inspiratif dan selalu memberi teladan kepada bawahan. Tak heran, kehadirannya tidak dianggap sebagai pimpinan semata, melainkan sudah lebih sebagai orang tua dan guru.

“Beliau ada setiap saat. Bukan saja
sebagai pimpinan bagi kami, namun beliau hadir sebagi orang tua dan guru,” ungkapnya.

Sebelum meninggalkan kantor Bupati, Acmad Lamani menitip pesan kepada para aparatur sipil negara di Muna Barat. Ia meminta agar para abdi negara itu untuk selalu bekerja keras membangun daerah. Terlebih, meningkatkan disiplin dan adaptif terhadap perkembangan masyarakat. “Bupati berpesan agar kami selalu disiplin dan inovatif,” tuturnya.

Diketahui, Acmad Lamani akan resmi purnatugas karena memasuki akhir masa jabatan (AMJ) pada Minggu, 22 Mei 2022. Sebelumnya, ia dilantik menjadi Bupati Mubar defenitif pada 8 Maret 2021 setelah beberapa bulan berstatus penjabat Bupati. Achmad Lamani merupakan pengganti LM. Rajiun Tumada yang mengundurkan diri karena menjadi calon Bupati Muna dalam Pilkada 2020 lalu.

LM. Rajiun Tumada dan Achmad Lamani merupakan pasangan Bupati dan wakil Bupati defenitif pertama Kab. Muna Barat setelah terpilih dalam Pilkada 2017 lalu. Keduanya juga sudah bersama-sama memimpin daerah itu sejak mekar menjadi daerah otonomi baru, 2014 lalu.

Reporter : Sry Wahyuni

Editor : Ode

Achmad LamaniAchmad Lamani AMJBupati MubarFajar FarikiMuna Barat