Tenun Masalili Tampil di Indonesia Fashion Week 2022, Promosikan Motif Bente dan Kapudodo

Yanti Setiawati berpose dalam IFW 2022 menggunakan tenun Masalili motif kreasi baru Bente dipadukan motif tradisional Kapododo. Foto : Istimewa

 

RAHA, LENTERASULTRA.COM – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Muna kembali memboyong Tenun Masalili dalam ajang Indonesia Fashion Week (IFW) di Jakarta, Minggu, 17 April 2022. Dekranasda menampilkan perpaduan motif kreasi baru dan tradisional.

Ketua Dekranasda Kab. Muna, Yanti Setiawati mengatakan, IFW merupakan ajang bergengsi yang menampilkan banyak karya perancang kenamaan nasional. Dekranasda sendiri menggandeng perancang Herman Kusminto.

“IFW 2022 yang ke sembilan kali dilaksanakan setelah 2 tahun yakni 2020 dan 2021 tidak dilaksanakan karena adanya pandemi. Muna ikut sejak 2017 dan ini sudah yg ke empat kalinya menampilkan Tenun Masalili,” kata Yanti Setiawati kepada Lenterasultra.com, Minggu, 17 April 2022.

Ia menambahkan, ajang IFW menjadi kesempatan promosi yang baik bagi tenun Masalili untuk lebih dikenal luas. Adapun dalam kegiatan itu, Dekranasda menampilkan beberapa motif hasil perpaduan kreasi baru dan tradisional.

“Untuk motif kreasi baru kita tampilkan motif Bente dan motif tradisional Bia-bia dan Kapudodo,” sambung isteri Bupati Muna, LM. Rusman Emba.

Indonesia Fashion Week (IFW) adalah pekan mode terbesar di Indonesia yang diadakan di Jakarta Convention Center oleh Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI). IFW kali ini yang digelar 13 -17 April 2022 mengusung tema Magnificent Borneo dengan menyuguhkan keindahan alam Kalimantan. Moment Indonesia Fashion Week 2022 ini juga menjadi salah satu penyemangat dan penanda bangkitnya industri fashion tanah air usai terdampak pandemi COVID-19.

(Ode)

Dekranasda MunaIndonesia Fashion Week 2022JakartaKapudodoMotif Bentetenun MasaliliViralYanti Setiawati