PAW Sepihak, Saemuna Bakal Mengadu ke OSO

Saemuna foto bersama Ketum DPP Hanura, OSO dalam suatu acara partai. (ODE/LENTERASULTRA.COM)

RAHA, LENTERASULTRA.COM – Partai Hanura mengusulkan pergantian antar waktu terhadap Ketua DPRD Muna, La Saemuna kepada Irwan, kader yang kini menjabat Ketua Komisi III di lembaga yang sama. Pergantian itu dikonfirmasi Wa Ode Nurhayati, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Hanura Sulawesi Tenggara.

“Kami memikirkan kesehatan beliau (Saemuna). Harapannya agar beliau fokus pada kesehatan. Saemuna akan digantikan Irwan Rata. Suratnya sudah dikirim ke DPC,” katanya, pada Selasa, (22/2/2022) kemarin.

Ketua DPRD Muna, Saemuna mengaku belum menerima penyampaian resmi mengenai usulan pergantian dirinya. Kebenaran informasi akan diselidiki lebih dulu.

“Saya belum tahu apa – apa. Terkait pergantian itu, apakah sudah ada surat persetujuan dari DPP, saya belum sama sekali konfirmasi kebenarannya karena suratnya memang belum saya lihat,” ujarnya saat dihubungi Lenterasultra.com, Rabu, (23/2/2022).

Saemuna sendiri mengaku belum legowo dengan rencana pergantian tersebut. Terlebih, alasan yang dikemukakan Ketua DPD, Wa Ode Nurhayati mengenai kesehatan dirinya, dianggapnya sebagai hal tidak tepat. Pasalnya, ia merasa masih mampu menjalankan tugas dan fungsi sebagai Ketua DPRD Muna tanpa gangguan berarti.

“Kalau pun soal kesehatan, harusnya di cek langsung sama yang bersangkutan, dalam hal ini saya sendiri. Tapi tidak pernah saya di konfirmasi. Lagipula, selama ini saya tetap bertugas seperti biasa,” jelasnya.

Mantan Ketua DPC Hanura Muna itu melanjutkan, selain alasan pergantian yang dinilainya belum kuat, mekanisme yang dijalankan juga diduga belum sesuai prosedur. Dalam hal PAW itu, kata Saemuna, usulan harus lahir dari DPC dan disampaikan ke DPD untuk selanjutnya diteruskan ke DPP selaku pihak yang akan memberi persetujuan atau sebaliknya. Soal rencana PAW dirinya, Saemuna sudah mengonfirmasi kalau DPC tidak mengeluarkan surat usulan. Ia menduga, usulan ini lahir dari Ketua DPD Hanura, WON.

“Dugaan saya DPD langsung ke DPP. Memang lima hari lalu saya ditelepon Kepala Sekretariat DPP Hanura, Pak Sitepu menyampaikan rencana itu. Tapi apakah surat PAW saya sudah ditandatangani DPP saya belum tahu, karena informasinya Pak Ketum, OSO sedang di Singapura,” paparnya.

Saemuna mengaku bakal berangkat ke Jakarta usai jadwal reses DPRD Muna, pekan ini. Keberangkatannya itu untuk bertemu langsung dengan Ketua Umum DPP Hanura, Oesman Sapta Odang guna mencari tahu kebenaran dan alasan PAW dirinya. “Saya akan komunikasi dulu dengan Pak Ketum. Kalau memang beliau sudah setujui dan sudah sesuai mekanisme, ya mau bagaimana lagi. Tapi harusnya perjuangan saya jangan dilupakan begitu saja,” katanya.

Reporter: Ode
Editor: Dilah

HanuraKetua DPRD MunaPAW