Naik Status jadi Polresta, Polres Kendari Bakal Dipimpin Polisi Berpangkat Kombes

Kapolda Sultra, Irjen Teguh Pritiwanto berpose bersama Kapolres Kendari dan Walikota Kendari usai pengukuhan Polres Kendari menjadi Polresta

 

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Polisi Resor (Polres) Kendari resmi naik status menjadi Polresta atau Polres Kota. Dengan peningkatan status ini, maka tongkat komando di Polresta Kendari bakal dipegang perwira polisi berpangkat komisaris besar (Kombes).

Meski sudah dikukuhkan menjadi Polresta, jabatan Kapolresta Kendari untuk sementara waktu masih dikendalikan perwira polisi berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP). Perwira tersebut adalah Didik Erfianto, Kapolres Kendari saat ini.

Pengukuhan Polres Kendari menjadi Polresta dilakukan Kapolda Sultra Irjen Pol Teguh Pristiwanto pada Selasa, 15 Februari 2022. Seremoni pengukuhannya ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemukulan gong oleh Kapolda.
Teguh Pristiwanto mengatakan, peningkatan tipe Polres Kendari menjadi Polresta merupakan prestasi yang harus diikuti dengan meningkatnya situasi Kamtibmas yang lebih kondusif guna menciptakan rasa aman di tengah masyarakat.

“Bidang pelayanan publik harus lebih dioptimalkan lagi, termasuk dalam hal penegakan hukum harus lebih transparan guna meningkatkan kepercayaan masyarakat,” katanya. Dia menambahkan pembangunan zona integritas Polres Kendari telah meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Menurutnya, hal ini masih bisa ditingkatkan lagi yaitu menjadi Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Terkait dengan reformasi struktural di wilayah Polres Kendari masih ada 9 Kecamatan yang belum memiliki satuan kepolisian setingkat Polsek maupun Polsubsektor. “Dalam rangka penguatan Polsek sebagai lini terdepan pelayan Polri, maka melalui kebijakan pemenuhan 1 Kecamatan 1 Polsek secara bertahap Polresta Kendari harus dapat mewujudkannya dalam rangka mendekatkan pelayanan kepolisian kepada masyarakat,” katanya.

Kepala bidang hubungan masyarakat (Kabid Humas) Polda Sultra Kombes Ferry Walintukan mengatakan, Polres Kendari naik status dari tipe D menjadi tipe C atau dari Polres menjadi Polresta. Naik kelas nya Polres Kendari ini otomatis akan mengubah pemegang tongkat komando di Polresta Kendari. Jika selama ini Polres Kendari dipimpin polisi berpangkat AKBP maka dengan kenaikan status itu, Polresta Kendari akan dipimpin perwira polisi berpangkat Kombes. “Tinggal menunggu TR (telegram) dari Mabes Polri. Untuk sementara masih Didik (Kapolres Kendari saat ini), sebagai pelaksana Kapolresta,” ungkapnya.

Reporter : Mukhtar
Penulis : Mukhtar
Editor : Nuryadi

Reporter: Mukhtar

Kapolda SultraNaik Status jadi PolrestaPolres KendariPolresta Kendari bakal dipimpim Polisi Berpangkat KombesViral