Di Era Tafdil, Data Kepegawaian Bombana Bisa Diakses dalam Genggaman

Sekda Bombana, Man Arfa memukul gong sebagai tanda peluncuran dan sosialisasi aplikasi “sakti” gembira. Foto-Adhi

BOMBANA, LENTERASULTRA.COM- Data kepegawaian di Kabupaten Bombana tidak lagi amburadul dan menumpuk di gudang Badan Kepegawaian dan Pegembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). Sejak Tafdil menjadi Bupati Bombana periode kedua, semua data pamong di daerah itu tersimpan dalam satu aplikasi bernama “Sakti Gembira”.

Hanya dengan menggunakan perangkat hand phone, laptop dan komputer dan memiliki paket internet, pegawai di Bombana bisa mengakses data kepegawaiannya hanya dengan duduk manis di rumah.  Aplikasi “Sakti Gembira” diluncurkan BKPSDM Bombana di penghujung tahun 2019 lalu atau bertepatan dengan tahun kedua Tafdil menjadi Bupati Bombana di periode kedua.

Di dalam program ini memuat lima aplikasi sekaligus. Isinya, semua data tentang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkab Bombana. “Aplikasi data kepegawaian secara digital ini, pertama di Sulawesi Tenggara. Pegawai bisa mengakses data kepegawaiannya hanya dalam genggaman dengan menggunakan fasilitas internet dan elektronik melalui laman www.bkpsdm.bombanakab.go.id. Aplikasi ini diluncurkan di tahun kedua periode kedua Bupati Bombana saat ini,” kata Sekda Bombana, Drs Man Arfa.

Man Arfa mengaku, aplikasi “Sakti Gembira” dilaunching dan disosialisasikan kepada seluruh pegawai termasuk kepala OPD awal Desember 2019 lalu. Seremoni peluncuran aplikasi “sakti” gembira ditandai dengan pemukulan gong oleh dirinya yang saat itu masih menjabat sebagai Pj Sekda Bombana. Peluncuranya saat itu, juga dihadiri R.Y. Ari  Widyawati, kepala seksi  Evaluasi dan Pemantauan Standar Kinerja Pegawai Jabatan ASN, Badan Kepegawaian Negara RI.

Aplikasi “Sakti Gembira” berisi lima aplikasi. Pertama  Aplikasi Mantap atau manajemen data pegawai. Aplikasi ini merupakan induk data base  kepegawaian di Pemkab Bombana. Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan pegawai mengakses data kepegawaian yang cepat, lengkap dan akurat dalam mendukung administrasi data pegawai.

Yang kedua adalah aplikasi profil pegawai. Di dalam aplikasi ini memuat informasi rekam jejak pegawai di Bombana. Mulai dari riwayat jabatan, pangkat, jenjang pendidikan serta jenjang pendidikan dan latihan (Diklat).

Yang ketiga adalah aplikasi Dokumen Arsip Online (DAI). Aplikasi ini menyimpan dokumen pegawai secara digital, sehingga memudahkan bagi pegawai dimanapun berada untuk mendapatkan dokumen pribadi pegawai dalam keperluan kepengurusan administrasi kepegawaian.

Keempat aplikasi kinerja pegawai. Aplikasi ini bertujuan mengukur dan memantau kinerja ASN periodik sebagai salah satu data acuan pemberian tunjangan kinerja yang diterima pegawai dan memetakan kinerja PNS dalam rangka merit sistem.

Melalui aplikasi ini, bisa dilakukan monitoring kinerja bawahan dalam periode harian, bulanan dan tahunan. Selain itu, aplikasi ini juga mempercepat pelaporan SKP, memastikan pegawai bekerja dengan tugas jabatannya. Meningkatkan akurasi data dan relevansi informasi.

Tidak sampai disitu, aplikasi kinerja pegawai ini juga bisa meningkatkan efektifitas pelaksanaan SKPD dari segi biaya dan waktu, serta meningkatkan transparansi penilaian, meningkatkan efektifitas pelaksanaan SKP dari segi biaya dan waktu. Dan yang terakhir adalah meningkatkan efektifitas proses pelaporan penilaian, mengeluarkan output kinerja yang digunakan sebagi dasar pembayaran TPP.

Sementara yang kelima adalah aplikasi sistem pengusulan kenaikan pangkat  (Sipukat) pegawai. Aplikasi ini berisi sistem layanan pengusulan kenaikan pangkat berbasis online. Melalui aplikasi ini, pegawai di Bombana bisa langaun mengajukan peohonam pendaftaran pengelolaan data mulai dari usulan kenaikan pangkat Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP),

Aplikasi Sipukat pegawai ini bisa membantu dan mempermudah pegawai mengusulkan kenaikan pangkat di tiap-tiap OPD. Selain itu, melalui alpukat, pegawai bisa memantau secara langsung proses usulan kenaikan pangkatnya, termasuk apa berkasnya di proses atau tidak memenuhi syarat.

Man Arfa mengatakan program “sakti” gembira merupakan sarana media informasi bagi para pengelola kepegawaian di lingkup Pemda Bombana. Aplikasi ini bertujuan memberikan pelayanan informasi dan konsultasi terkait kepegawaian melalui media online.

Mantan Inspektur Inspektorat Kabupaten Bombana ini mengatakan, lima inovasi yang termuat dalam aplikasi “sakti” gembira merupakan hasil inovasi dan kreasi BKPSDM. Man Arfa berharap, dengan adanya website ini pegawai di Bombana bisa lebih baik memberikan informasi kepegawaiannya kepada masyarakat dalam mendukung e goverment.

Penulis : Nuryadi

Editor : Nuryadi

 

BKPSDMBombanaBupati BombanaData pegawai dalam genggamanhaji tafdilSakti GembiraSekda Bombana