Indonesia dan Malaysia Pastikan Tidak Ikut Miss Universe 2021 di Israel

JAKARTA, LENTERASULTRA.COM – Indonesia dan Malaysia dipastikan tidak akan ambil bagian dalam ajang Miss Universe 2021 yang berlangsung di di Eliat, Israel, pada Desember 2021. Yayasan Puteri Indonesia (YPI) secara resmi telah memastikan tidak akan mengirimkan perwakilan di ajang tersebut. Informasi itu diketahui dari akun instagram resmi YPI @officialputeriindonesia, Minggu (28/11/2021).

“Dengan berat hati, kami ingin menyampaikan bahwa kami tidak dapat berpartisipasi dalam ajang Miss Universe ke-70. Waktu persiapan yang ketat dan pembatasan (mobilitas dan perjalanan) karena Covid-19 membuat kami memutuskan untuk tidak mengirimkan delegasi kami untuk kompetisi tahun ini,” tulis YPI dalam unggahannya yang menggunakan bahasa Inggris dikutip dari asiatoday.id.

Meski tidak mengirimkan wakilnya, YPI berharap agar kontes Miss Universe ke-70 dapat berjalan dengan lancar, dan kontestan yang terpilih nantinya benar-benar dapat menginspirasi seluruh wanita di level komunitas dan global. Selain soal waktu, alasan lainnya adalah terlalu singkatnya persiapan untuk mengirimkan Puteri Indonesia ke Miss Universe 2021. YPI sekaligus menginformasikan bahwa saat ini mereka sedang melaksanakan seleksi pencarian kandidat Puteri Indonesia di seluruh provinsi di Indonesia.

“Kami berharap dapat berpartisipasi lagi di kontes Miss Universe tahun depan,” tulis YPI dalam akhir unggahannya.

Sejak awal, kontes Miss Universe 2021 sudah menjadi sorotan, lantaran diadakan di Israel yang selama ini mendapat banyak sorotan karena perlakuannya terhadap Palestina. Satu negara sudah lebih dulu membatalkan keikutsertaan mereka dalam ajang Miss Universe 2021 karena alasan tersebut, yaitu Malaysia.

Malaysia sebelumnya telah mengumumkan tidak akan mengirim kontestan. Selain Malaysia, Afrika Selatan juga memastikan telah menarik dukungan untuk perwakilan negara tersebut di ajang Miss Universe 2021. Pernyataan boikot Miss Universe 2021 di Israel disampaikan cucu Nelson Mandela dalam sebuah pernyataan yang dibagikan melalui akun Instagram Nkosi Zwelivelile.

Ia menyinggung soal Israel adalah negara apartheid, yakni sistem pemisahan ras, agama dan keyakinan, kelas sosial, diskriminasi etnis, dan kelompok mayoritas mendominasi kelompok minoritas. Sementara Yunani, melalui Ratu kecantikannya, Rafaela Plastira memastikan diri mundur dari ajang Miss Universe 2021. Keputusan itu diambilnya lantaran kontes kecantikan ke-70 tersebut diselenggarakan di Israel.

Wakil Yunani ini sebelumnya sempat mengumumkan keputusan mundur melalui sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya pada awal Oktober 2021. Rafaela meyakinkan akan membuat pendukungannya bangga. Ia juga berterima kasih kepada semua akun penggemar kontes kecantikan yang mengirimkannya pesan-pesan manis. (ATN)

IndonesiaIndonesia dan Malaysia Pastikan Tidak Ikut Miss Universe 2021 di IsraelIsraelmiss universe