Satuan Pendidikan di Kendari Mulai Sambut PTM 100 Persen

PTM hari pertama di salah satu SMP Negeri di Kota Kendari. Foto: Ist.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Tidak adanya kasus baru covid-19 di kota kendari disambut baik oleh satuan pendidikan yang ada di kendari. Tidak hanya melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas, kini rencana PTM 100 persen juga telah diamini oleh Kepala SMPN 9 Kendari, Milwan.

Ia mengungkapkan, pihaknya siap melaksanakan PTM 100 persen jika pemerintah telah resmi mengeluarkan kebijakan terkait hal ini. meski diakui, satuan pendidikan harus kembali menyiapkan sarana dan prasarana. Meskipun saat ini sarana dan prasarana pembelajaran tatap muka terbatas telah tersedia, namun harus ditata kembali agar kelas bisa menampung siswa hingga 36 orang dengan tetap berjarak. Selain itu kesiapan para guru untuk menghadapi PTM normal. Sebab hampir dua tahun terakhir terjadi perubahan pola belajar peserta didik.

”Para guru harus kembali menyusun dokumen pembelajaran, membuat RPP, menyusun program kerja pembelajaran secara penuh,” jelasnya.

Tantangan baru yang harus dihadapi, para tenaga pendidik harus kembali mengenali para siswanya sesuai kompetensi pedagogig seperti mengenali karakter.

Sementara itu, Kepala Bidang Dikdas Dikmudora Kota Kendari, Muchdar Alimin, saat ditemui pada kamis (17/11/2021) mengatakan, pembelajaran tanpa pembatasan bukan berarti sekolah melaksanakan PTM seperti sebelum pandemi. Akan tetapi satuan pendidikan tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19.

“Pada pelaksanaannya sekolah tetap dilarang melakukan aktivitas yang bisa memicu terjadinya penyebaran Covid-19, misalnya saja sekolah tetap meniadakan jam keluar main atau istrahat. Pembelajaran tatap muka tanpa pembatasan yang dimaksud adalah pihak sekolah akan menambah jam belajar hingga menambah jumlah siswa,” terangnya.

Reporter: Roro

Editor: Wulan

Kota Kendariptm 100 persenSatuan Pendidikan di Kendari Mulai Sambut PTM 100 PersenSultra