Pembentukan Polres Buton Tengah jadi Prioritas Mabes Polri

Tim Studi Kelayakan Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri) berfoto bersama di lokasi persiapan Polres Buton Tengah. Foto: Ist. 

BUTON TENGAH, LENTERASULTRA.COM – Pembentukan Polres Buton Tengah akan segera terwujud dan akan menjadi prioritas Polri di Sulawesi Tenggara (Sultra). Hal ini diungkapkan Tim Studi Kelayakan Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri), Brigjen Pol Budi Yuwono, saat meninjau langsung lokasi  persiapan Polres Buton Tengah yang berada di Kecamatan Gu, Kelurahan Bombanawulu, Kamis (23/9/2021).

Brigjen Pol Budi Yuwono menyampaikan, dari 17 kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara, baru 12 daerah yang memiliki Polres sendiri. Sedangkan lima daerah lainnya sementara mengusulkan.

“Dari lima daerah yang telah mengusulkan di Mabes Polri untuk pembentukan Polres, ada dua daerah yang akan diprioritaskan yaitu Polres Buton Tengah dan Polres Kolaka Timur,” katanya.

Kunjungan Tim Studi Kelayakan Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri) di lokasi persiapan Polres Buton Tengah. Foto: Ist.

Pembentukan Polres Buton Tengah ini dapat diprioritaskan bukan tanpa alasan. Tetapi karena Pemerintah Daerah Buton Tengah telah memenuhi unsur persyaratan untuk pembentukan Polres itu sendiri. Bahkan masyarakat Buton Tengah sangat mendukung dengan memberikan lahan hibah seluas 10 hektar guna pembangunan Polres.

“Upaya yang dilakukan Pemda dan dukungan masyarakat untuk pembentukan Polres Buton Tengah sangat baik. Saya mewakili bapak Kapolri mengucapkan terima kasih kepada Pemda dan masyarakat Buton Tengah yang sudah menyiapkan lahan untuk pembangunan Polres,” ungkapnya.

Kunjungan Tim Studi Kelayakan Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri) di Buton Tengah. Foto: Ist.

Sementara itu, Sekretaris Daerah, H. Kostantinus Bukide mengatakan, pembentukan Polres Buton Tengah dari segala aspek kebutuhan penunjang yang dibutuhkan telah dipersiapkan, baik kantor sementara Polres Buton Tengah hingga rumah jabatan Kapolres dan Wakapolres.

“Jika pembentukan Polres Buton Tengah dapat segera dibentuk, kami sebagai pemerintah dan masyarakat Buton Tengah siap mempersiapkan semua yang dibutuhkan. Tahun 2022 Pemda akan mengalokasihkan Rp5 miliar untuk mempercepat proses pembentukan Polres Buton Tengah,” ucapnya di hadapan Tim Studi Kelayakan Mabes Polri.

“Semoga dengan terwujudnya Polres ini nanti dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang ada di Buton Tengah khususnya dari sisi pelayanan, keamanan dan ketertiban masyarakat,” pungkasnya. (Adv)

Pembentukan Polres Buton Tengah Menjadi Prioritas Mabes Polripolres buton tengah