Gandeng Polda, Pemprov Sultra Gelar Vaksinasi untuk Pelajar

Vaksinasi pelajar. Ist.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara Kembali menggandeng Polda Sultra dalam upaya menciptakan kekebalan tubuh pelajar di Kota Kendari. Hal itu dilakukan dengan melakukan vaksinasi massal.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Sultra, Asrun Lio mengatakan, pelaksanaan vaksinasi dipusatkan di Ponpes Al-Mukhlis Lepolepo, SMAS Muhammadiyah, SMP/SMA Muadz Bin Jabal, SMPN Ibnu Abbas, SMPN 15, SMPS Kesehatan Mandonga dan SMKS Kesehatan Mandonga.

“Kami kembali melaksanakan program vaksinasi bersama Polda Sultra. Target vaksinasi kali ini adalah seluruh siswa SMA, SMK, dan SLB. Jika belum tuntas maka akan dilanjutkan kembali. Tentunya siswa yang mendapatkan vaksin yang telah mendapatkan izin orang tua melalui sekolah masing-masing,” kata Asrun Lio, Senin (30/8/21).

Ia menjelaskan, kegiatan vaksinasi pelajar tersebut bukan menjadi prasyarat mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Tetapi untuk bisa belajar dengan baik maka siswa harus sehat dan salah satu cara mencegah wabah Covid-19 adalah melalui vaksinasi .

“Terkait pelaksanaan PTM untuk tingkat SMA, SMK, dan SLB di Sultra, tergantung dari situasi kasus Covid di Sultra. Jika kondisinya menurun maka kemungkinan akan ada pembelajaran PTM dengan jumlah yang dibatasi,” lanjutnya.

Sebelumnya, kegiatan vaksinasi ini telah dilakukan disejumlah sekolah, diantaranya SMAN 1 Kendari, MAN 1 Kendari, SMPN 5 Kendari, SMAN 4 Kendari, SMAN 8 Kendari, SMAN 10 Kendari dan MTSN 2 Kendari.

Sementara itu, Kapolda Sultra, Irjen Pol Drs Yan Sultra Indrajaya menegaskan, pihaknya siap memfasilitasi kegiatan vaksinasi pelajar di Provinsi Sultra dengan menyiapkan tim vaksinator. Dalam pelaksanaan teknis di lapangan, petugas kesehatan yang akan melakukan vaksin kepada siswa juga lebih mengedepankan pelayanan yang humanis.

“Dalam menyukseskan vaksinasi pelajar ini, tim vaksinator jajaran Polda Sultra yang ada di setiap kabupaten kota di Sultra siap diturunkan. Untuk itu, setiap polres-polres akan bersiap melaksanakan kegiatan dimaksud,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan vaksinasi pelajar tahap pertama di Kota Kendari, Kapolda Sultra bersama Kadikbud Sultra rutin melakukan pemantauan secara langsung di lapangan. Kunjungan tersebut juga dilakukan oleh Kapolres Kendari bersama sejumlah pejabat  terkait lainnya.

Reporter: Nurhaitul Islamiah

Editor: Wulan