Tragis, Nasib Buaya Berkaca Mata di Morosi Berakhir jadi Sup

Buaya malang yang berakhir jadi sup di Konawe. Ist.

KENDARI, LENTERASULTRA.COM – Sungguh tragis nasib buaya yang berhasil ditangkap oleh karyawan PT OSS di Morosi, Kabupaten Konawe, pada Rabu, (25/08/2021). Buaya sepanjang tiga meter yang sempat wara-wiri di media sosial menggunakan helm proyek berwarna kuning dan berkaca mata hitam tersebut berakhir di panci. Setelah dikuliti, satwa dilindungi tersebut disulap menjadi hidangan sup.

Kepala Balai Konservasi Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sultra, Sakrianto Djawie mengatakan, saat timnya melakukan pengusutan di salah satu mess karyawan, mereka mendapati satu panci yang berisi sisa-sisa potongan tubuh buaya yang diracik bersama bumbu-bumbu dapur sehingga tampak seperti sup.

Sup daging buaya yang ditemukan oleh tim BKSDA Sultra. Ist.

Dari hasil penyelidikan BKSDA, buaya tersebut sengaja ditangkap untuk dijadikan santapan bersama oleh para TKA. Akibatnya, kelima TKA asal China diamankan karena membunuh dan mengonsumsi buaya muara. Dugaan sementara, kelima para TKA  tidak mengetahui bahwa buaya tersebut merupakan hewan yang dilindungi di Indonesia.

“Keterangan sementara mereka tidak tahu bahwa buaya itu dilindungi, tapi hari ini kita panggil yang pelakunya. Karena mereka tidak tahu bahasa Indonesia, mereka akan hadir didampingi penerjemah bahasa Indonesia, pelakunya ada lima orang,” ungkap Sakrianto via telepon.

Reporter: Sri Ariani

Editor: Wulan

buaya di morosibuaya jadi supNasib Buaya Bertopi di Morosi Berakhir jadi SupTragis